26.7 C
Jakarta

Pesan Idul fitri PWM Kalimantan Timur : Ramadhan Pondasi Membentuk Masyarakat Madani

Baca Juga:

Bonni Febrian
Bonni Febrianhttp://menara62.com
Belajar istiqomah dan lebih bermanfaat

KALIMANTAN TIMUR, MENARA62.COM  – Muhammadiyah Kalimantan Timur sebagaimana Maklumat Pimpinan Pusat Muhammadiyah No.1/MLM/1.0/E/2023 tentang penetapan hasil hisab, Ramadhan, Syawal dan Zulhijjah 1444 H, melaksanakan sholat hari raya Idul Fitri tahun 2023 pada hari Jumat 21 April 2023.

Demikian pula Ketua PWM Kalimantan Timur KH. Siswanto beserta pimpinan harian secara serempak bertugas selaku imam atau khatib dibeberapa penyelenggaraan sholat Idul Fitri.

Wakil Ketua PWM Kalimantan Timur Ustad Drs. H. Muhammad Jafron, M.Si bertindak selaku imam dan khatib dalam sholat Idul Fitri yang diadakan Pimpinan Cabang Muhammadiyah Anggana Kabupaten Kutai Kertanegara.

Dalam pesan Idul Fitrinya mengangkat tema Ramadhan membentuk pondasi masyarakat madani.
Disampaikan oleh Muhammad Jafron, “Karakter muslim akan tertanam dengan baik pada bulan Ramadhan selama umat Islam mengisi Ramadhan dengan kesungguhan. Setidaknya ada empat pelajaran penting dari amalan Ramadhan yang harus dipertahankan dalam hidup sehari hari oleh setiap pribadi muslim sehingga kelak akan lahir masyarakat yang ideal.”

Pertama, Menjauhi harta Haram. Selama ramadhan kita berhasil mempertahankan harta yang halal. Tidak mengambil harta yang haram karena harta haram itu membuat masyarakat rapuh. Hancurnya raja raja terdahulu karena mendzalimi masyarakat.

Dengan harta yang halal atau menjauhi harta haram akan menaikkan level derajat ke taqwa. Pribadi bersih, keluarga bersih dari harta yang haram, maka masyarakatpun akan mendapatkan keberkahan yang melimpah sebagaimana disebutkan dalam surat Al A’raf ayat ke- 96.

Kedua, mengendalikan hawa nafsu. Selama ramadhan kita dilatih dan mampu mengendalikan semua permuatan maksiat. Nafsu sebenarnya lemah dan akan terkalahkan jika jiwa keimanan melekat dalam dada umat Islam. Sebagaimana disebutkan dalam Surat An Naziat ayat 40-41, dengan takut kepada Allah maka akan dapat mengendalikan hawa nafsunya. Tidak seperti binatang yang memang tidak mempunyai akal.

Ketiga, bersungguh sungguh taat kepada Allah. Ramadhan telah membuktikan ketaatan penuh kepada Allah. Padahal sungguh berat menahan segala hal yang mungkin sebelumnya dilakukan. Kemudian pesan terakhir disampaikan dalam khutbahnya adalah bagaimana keharusan diri meninggalkan dosa dan maksiat.

Ramadhan dianggap berhasil apabila umat Islam menjauhi dosa bahkan dosa sekecil apapun. Pembiasaan umat Islam di bulan ramadhan dengan menjalankan ibadah seperti sholat sunah, membaca Al Quran, pembiasaan sedekah, dan selalu menuju masjid secara berbondong bondong, akan mengantarkan pada kehadiran keberkahan dari Allah SWT. Kebiasaan baik akan menghapus kebiasaan buruk.

Dengan empat karakter diatas diharapkan menjadi jalan terwujudnya masyarakat yang sebenar benarnya, masyarakat yang ideal.

Sementara itu di halaman Loktuan Sport Center Kota Bontang, Ustad Ir. Masumi bendahara Muhamamdiyah Kalimantan Timur menyampaikan pesan Idul Fitri dengan mengemukakan empat kriteria utama umat Islam yang akan ditinggikan derajatnya dan mulia di sisi Allah SWT serta terhormat di hadapan manusia.

Empat kriteria yang harus dimiliki oleh setiap mukmin modern, yang memiliki visi berkemajuan adalah dengan beriman yang berilmu, memiliki kualitas iman yang tinggi, gemar beramal shalih, dan jihad fi sabilillah.

- Advertisement -

Menara62 TV

- Advertisement -

Terbaru!