28.3 C
Jakarta

Presiden Yakin Januari 2023 Gedung Sudah Terbangun di IKN

Baca Juga:

JAKARTA, MENARA62.COM — Presiden punya keyakinan, Januari 2023 Gedung Sudah Terbangun di IKN. Keraguan publik tentang kelanjutan pembangunan Ibu Kota Nusantara (IKN) di Kabupaten Penajam Paser Utara dijawab Presiden Joko Widodo pada Selasa (25/10/2022).

Situs berita Antaranews.com melansir, Presiden memuji perkembangan pembangunan infrastruktur IKN saat meninjau langsung di Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur. Ia juga menyatakan keyakinan bahwa pada Januari nanti gedung-gedung sudah terbangun di IKN.

Presiden kemudian menjelaskan, gedung yang terbangun pada Januari nanti bukan hanya gedung pemerintah, tetapi juga gedung yang diperuntukkan dan dipergunakan swasta. Ini merupakan penanda pusat perekonomian baru di wilayah IKN.

“Nanti bisa kita lihat di bulan Januari insya Allah bukan hanya gedung-gedung nya pemerintah, tetapi private sector/sektor swasta, investor, PPP (public private partnership), sudah pada masuk dan mulai. Ini yang nanti akan menggeliatkan IKN betul-betul sebagai pusat perekonomian baru dan kita harapkan ini terus bergerak,” kata Jokowi dalam keterangan resmi Biro Pers Sekretariat Presiden yang diterima di Jakarta.

Dalam kesempatan yang sama, Presiden menyampaikan, pembangunan sejumlah infrastruktur berkembang dengan baik. Pembangunan bendungan, pengembangan lahan, serta pembukaan akses jalan.

Land development (pembukaan lahan–red) untuk kementerian, untuk gedung wakil presiden, untuk gedung presiden, semuanya sudah saya lihat dalam proses persiapan-persiapan. Pembangunan infrastruktur jalan juga sudah dimulai, utamanya yang jalan tol dari IKN ke Balikpapan. Saya kira ini progres yang baik,” ujar presiden.

Jalur laut

Presiden Joko Widodo beserta rombongan mengunjungi IKN melalui jalur laut. Jalur ini direncanakan menjadi wilayah transportasi logistik ke ibu kota baru tersebut. Dari pelabuhan ini, menurut Presiden, nantinya akan dikembangkan  transportasi publik.

“Sementara kita pakai dulu untuk logistik dan nantinya menurut saya di pelabuhan yang sekarang ada ini, ini kan pelabuhan lama, ini akan dikembangkan juga untuk penumpang dan logistik,” ujarnya.

Dengan berbagai perkembangan yang ditemui di lapangan, Presiden semakin optimistis Upacara Peringatan Hari Ulang Tahun Kemerdekaan ke-78 RI (HUT RI) pada 17 Agustus 2024 dapat digelar di IKN.

“Ya kalau kerjanya seperti ini saya kira insya Allah bisa, harus optimistis,” kata presiden yang antara lain didampingi Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono, Sekretaris Kabinet Pramono Anung, dan Kepala Badan Otorita IKN Bambang Susantono.

- Advertisement -

Menara62 TV

- Advertisement -

Terbaru!