30.9 C
Jakarta

Program Smart School SMA Muhammadiyah 2 Delanggu

Baca Juga:

 

SOLO, MENARA62.COM – Bertempat di studio SMA Muhammadiyah Program Khusus Kottabarat Surakarta digelar diskusi pendidikan bersama kepala sekolah SMA Muhammadiyah 2 Delanggu, Rabu (22/2/2023). Diskusi ini digelar dalam rangka sharing dan kunjungan studi banding tentang pengembangan sekolah. Menariknya dalam diskusi tersebut, kepala sekolah SMA Muhammadiyah 2 Delanggu, ustaz Muslim Rahman mengutarakan konsep smart school untuk meningkatkan kualitas sekolah.

Inovasi dalam dunia pendidikan ini merupakan hal yang bagus untuk meningkatkan  tren dunia pendidikan. Ke depan akan sangat dipengaruhi oleh perkembangan teknologi informasi. Tujuan inovasi ini untuk meningkatkan daya serap siswa atas materi yang diajarkan dan meningkatkan kemampuan belajar mandiri siswa.

Dalam paparannya, ustaz Muslim Rahman menjelaskan konsep inovasi smart school SMA Muhammadiyah 2 Delanggu. “Bahwasannya peserta didik akan melakukan pendalaman materi pelajaran bersama guru-guru pendamping mereka yang ada di kelas, serta pengayaan melalui pengerjaan tugas-tugas. Setiap siswa, guru dan pihak sekolah memiliki akun masing-masing untuk bisa mengakses aplikasi Smart School melalui gawai, baik smartphone, komputer atau pun perangkat Smart School yang tersedia di setiap sekolah,”jelasnya.

Manfaat Smart School untuk sekolah adalah dengan adanya penerapan konsep smart school. “Sekolah akan memiliki dampak yang signifikan, seperti meningkatkan kegiatan spiritual, kita bangun kokoh dengan program harian sholat Dhuha, setelah sholat Dhuha dilanjutkan dengan tadarus,”imbuhnya.

Digambarkan oleh ustaz Muslim Rahman, bahwa jadwal pembelajaran smart school dilakukan dengan fullday. Hari Senin sampai Jumat pembelajaran KBM jam pertama dimulai pukul 06.30 sampai 15.30, sedangkan Sabtu dimulai jam 06.30 sampai 12.00, kegiatannya berupa ekstrakulikuler. “Dan kita sudah sosialisasikan langsung kepada orang tuanya langsung,”ujarnya.

Sebagai penutup perbincangan, ustaz Muslim Rahman menyatakan seluruh stakeholder sekolah siap menjalankan program full day school. Orang tua, siswa, dan guru telah siap menyongsong program full day school dalam rangka menuju smart school. “Tentu saja ini dibawah bimbingan Majelis Dikdasmen PCM Delanggu,” pungkas ustaz Muslim Rahman. (*)

 

- Advertisement -

Menara62 TV

- Advertisement -

Terbaru!