32.9 C
Jakarta

Rayakan Perbedaan Budaya Berbagai Negara, BKUI UMS Gelar 3rd ICAC 2024

Baca Juga:

 

SOLO, MENARA62.COM – Biro Kerja sama dan Urusan Internasional (BKUI) Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) menggelar kembali agenda pertukaran dan pengenalan budaya internasional melalui “3rd International Cultural Academy Competition (ICAC) 2024”. Kegiatan ICAC 2024 ini digelar di Gedung Mohammad Djazman, Kampus 1 UMS, pada Senin (10/6/2024).

Kepala dari Mobilitas dan Layanan BKUI UMS Sri Indra Kurnia, S.KM., MPH menerangkan bahwa kegiatan ICAC ini memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk memperkenalkan budaya dari berbagai negara di penjuru dunia.

“ICAC adalah agenda tahunan untuk merayakan perbedaan budaya dan apresiasi untuk kompetisi mahasiswa. Dalam acara ini, mahasiswa dihadirkan bersama dari berbagai negara untuk menunjukkan talent dan pemahaman global mereka,” ungkap Sri Indra Kurnia.

Pada agenda ini, mahasiswa baik lokal maupun asing akan saling memperkenalkan budaya dan talent mereka melalui parade budaya, fashion show, kuliner, tarian, nyanyian, dan sebagainya.

Selain peserta, mahasiswa ataupun pengunjung dapat mengunjungi booth dekorasi dan mencicipi masakan khas dari negara-negara lain.

Wakil Rektor V UMS Prof. Supriyono , S.T., M.T., Ph.D., dalam kesempatan tersebut menyampaikan terima kasihnya atas animo yang luar biasa dari peserta. Sebanyak 137 peserta mahasiswa asing dari 30 negara dari 29 perguruan tinggi ikut serta dalam agenda tahunan ini.

“Kegiatan ini sebenarnya ditujukan untuk seluruh mahasiswa internasional yang sedang belajar di Indonesia dari berbagai universitas untuk bergabung dan membangun jejaring. Mengadakan event seperti ini juga ditujukan untuk menajamkan pemahaman global terutama perbedaan budaya, juga untuk saling menghormati atas perbedaan budaya,” terang Supriyono.

Selain mengundang mahasiswa asing, UMS juga mengundang mahasiswa dari Pertukaran Mahasiswa Merdeka (PMM) UMS untuk ikut menambah keseruan dalam kegiatan ini.

“Alhamdulillah pagi hari ini kita juga mengundang teman-teman yang terlibat dalam PMM yang juga kuliah di ums untuk ikut serta menyemarakan acara pada pagi sampai sore hari ini,” ujar Andy Dwi Bayu Bawono, S.E., M.Si., Ph.D. selaku Kepala BKUI UMS.

Salah satu mahasiswa asal Yaman Basheer Anwar Ibrahim Rajeh, mengungkapkan kesannya terhadap acara ICAC 2024 ini.

“Acara ini bagus karena ini mendukung perbedaan budaya, sehingga semua orang itu menjadi tahu budaya tradisional di negara-negara. Ini juga mendukung pengetahuan kita untuk mengenal budaya,” ungkap Basheer, mahasiswa Teknik Kimia UMS itu. (*)

- Advertisement -

Menara62 TV

- Advertisement -

Terbaru!