32.9 C
Jakarta

Sambut Milad NA 93/96, Pimpinan Daerah Nasyiatul Aisyiyah Brebes Launching EMINA

Baca Juga:

 

BREBES, MENARA62.COM – Dalam rangka Milad Nasyiatul Aisyiyah ke-93 (16 Mei 2024 M) atau ke-96 (28 Dzulhijjah 1445 H), Pimpinan Daerah Nasyiatul Aisyiyah Kabupaten Brebes menggelar kegiatan Pelayanan Kesehatan Milik Nasyiatul Aisyiyah (PASHMINA) dan launching program Educare Milik NA (EMINA) di SMK Muhammadiyah Bulakamba, Kecamatan Bulakamba Kabupaten Brebes, Jawa Tengah, Ahad (9/6/2024).

Hadir pada kegiatan tersebut, Pimpinan Daerah Muhammadiyah dan Aisyiyah Kabupaten Brebes, Pimpinan Daerah Pemuda Muhammadiyah Kabupaten Brebes, Pimpinan Cabang Muhammadiyah dan Aisyiyah Bulakamba, Kwartir Daerah (Kwarda ) Hizbul Wathan Kabupaten Brebes, Lembaga Amil Zakat Infaq dan Shadaqah Muhammadiyah (LazisMu) Kabupaten Brebes dan seluruh Pimpinan Cabang Nasyiatul Aisyiyah Se-Kabupaten Brebes serta siswi SMK Muhammadiyah Bulakamba.

Dalam sambutannya, Ketua Pimpinan Daerah Muhammadiyah Brebes Drs. H. Joko Mulyanto, M.Pd mengatakan, Nasyiatul Aisyiyah (NA) didirikan dengan tujuan menciptakan pribadi putri Islam yang memiliki makna penting bagi keluarga, negara, bangsa, dan agama, serta untuk mewujudkan masyarakat Islam yang sebenar-benarnya.

” Milad NA dengan tema yang diangkat melalui pemikiran terbuka mendunia yakni Gotong royong mewujudkan kemanusiaan semesta. Nampaknya ini bersinergi dengan tema ibundanya yaitu Memperkokoh dan memperluas dakwah kemanusiaan semesta,” katanya.

Sementara itu Ketua Pimpinan Daerah Aisyiyah Kabupaten Brebes Hj. Chunaesih, M.Pd memaparkan, launching program Educare Milik NA (EMINA) dan Pelayanan Kesehatan Milik Nasyiatul Aisyiyah (PASHMINA) ini dilaksanakan sebagai wujud kepedulian kepada masyarakat untuk hidup sehat dan upaya pemenuhan hak anak.

” Harapan ke depan, agar NA bisa bekerjasama dengan masyarakat, mewujudukan baldatun thoyyibatun warobbun ghofur, sehat, semangat dan selalu melaksanakan kegiatan yang bernuansa islami,” paparnya.

Ketua Pimpinan Daerah Nasyiatul Aisyiyah Revvina Agustianti, S.SH mengungkapkan, EMINA merupakan program baru dari NA yang baru saja dilaunching dan kedepan jika ada kegiatan dari tingkat cabang, daerah, wilayah dan pusat akan selalu ada EMINA.

“Tujuan program EMINA ini berawal untuk membantu NA yang biasanya bersama anak melaksanakan kegiatan, sehingga ibunya berkegiatan dan anaknya juga bisa melakukan kegiatan positif yakni membaca untuk meningkatkan literasi anak dan bermain dengan mainan tradisional,” ungkapnya.

Visi Nasyi’atul Aisyiyah, lanjut Revvina, adalah terbentuknya putri Islam yang berarti bagi keluarga, bangsa, dan agama menuju terwujudnya masyarakat Islam yang sebenar-benarnya.

Pada kegiatan tersebut, peserta mendapatkan edukasi tentang kesehatan remaja oleh PDA Brebes Sofiyah, S.Kep, NS, agar mereka sebagai pelajar perempuan memahami pentingnya menjaga kesehatan reproduksi wanita dari gangguan berbagai macam penyakit yang tidak menular hingga penyakit menular agar mereka paham dan mengerti tentang pentingnya menjaga Kesehatan.

Selanjutnya para peserta mendapatkan pelayanan PASHMINA dari berbagai pos berupa cek berat badan, tinggi badan, indeks massa tubuh, cek hemoglobin/gula darah/asam urat/kolesterol, edukasi, konsultasi kesehatan dan konsultasi psikologi.

Selain itu, pada kegiatan Milad NA juga terdapat mobil perpustakaan keliling oleh Perpustakaan Daerah Kabupaten Brebes. Hal ini untuk meningkatkan literasi membaca dan mencerdaskan bagi pelajar. (Lukman Hakim)

- Advertisement -

Menara62 TV

- Advertisement -

Terbaru!