29 C
Jakarta

Ribuan Peserta Pawai Kebangsaan Semarakkan Kota Pendidikan Singaraja

Baca Juga:

 

BULELENG, MENARA62.COM – Koordinator Wilayah VII RRI, Joko Purnomo mengapresiasi kegiatan yang diselenggarakan oleh LPP RRI Singaraja dalam kegiatan on air dan off air Pendidikan Pendahuluan Bela Negara (PPBN) Tingkat Taman Kanak-Kanak, bertempat di Kantor LPP RRI Singaraja pada Jumat (15/9/2023).

Hal tersebut dikemukakan seusai Pelepasan Pawai oleh Bunda PAUD yang diwakili oleh Pokja II PKK Kab Buleleng, Luh Puji Astuti. Joko berharap kegiatan ini bisa diselenggarakan secara berkelanjutan termasuk di LPP RRI Denpasar. “Kegiatan semacam ini penting dilakukan untuk mendidik generasi muda mencintai dan bangga dengan identitas Indonesia,” ujarnya.

Kepala LPP RRI Singaraja, A.A. Gde Ngurah, S.Sos.,M.Si dalam sambutannya yang dibacakan oleh Kepala Sub Bagian Tata Usaha (Kasubbag TU), Ida Ketut Parta, S.Sos menyampaikan kegiatan ini terselenggara atas kerjasama Korps Menwa Ugracena Bali didukung oleh Gugus Kebangsaan Provinsi Bali, Monumen Perjuangan Bangsal, Pemda Buleleng, IGTKI Kab. Buleleng, Pemuda Panca Marga Kab. Buleleng, Korps Bela Negara Kab. Buleleng, dan Menwa Ugraçena Yon B-920/Jayastambha Universitas Pendidikan Ganesha Singaraja.
Ia mengucapkan terima kasih atas dukungan segenap pihak dalam menyukseskan kegiatan tersebut. Pihaknya juga menyampaikan PPBN ini diselenggarakan dalam rangka serangkaian kegiatan memperingati Puncak Pertemuan Rahasia Bawah Tanah MPB  ke-78 (16 Agustus), HUT RI Ke-78, HUT ke-78 RRI (11 September), dan HUT Menwa Ugraçena ke-59 (29 September).

Kasmen Korps Menwa Ugracena, Mumtazah Mardliyah,S.Ked menegaskan kegiatan ini merupakan tindak lanjut MoU dengan LPP RRI Singaraja terkait Program Siaran Dunia Anak khususnya bidang bela negara melalui kegiatan PPBN. “Hal ini guna merealisasikan Deklarasi Bela Negara yang disaksikan oleh para Dewan Pengawas, Direksi, 70 Kepala Satker LPP RRI se-Indonesia ketika Rombongan Raker Akhir Tahun LPP RRI berkunjung ke Monumen Perjuangan Bangsal pada 13 Desember 2022 yang lalu,” tegasnya.

Deklarasi tersebut ditandatangani oleh Direktur Utama Lembaga Penyiaran Publik Radio Republik Indonesia (LPP RRI), I Hendrasmo; Ketua Dewan Pengawas LPP RRI, Anwar Mujahid Adhy Trisnanto; Koordinator Gugus Kebangsaan Provinsi Bali, Prof. Dr. Ir. I Wayan Windia,SU; Ketua Monumen Perjuangan Bangsal, dr. Bagus Ngurah Putu Arhana,Sp.A(K), dan Kasmen Korps Menwa Ugracena Bali, Mumtazah Mardliyah,S.Ked.

Mumtazah yang juga Humas Monumen Perjuangan Bangsal menambahkan bahwa cikal bakal Kegiatan PPBN dilakukan sejak tahun 2015, pertama kali dilakukan di RRI Singaraja yang dibuka oleh Danrem 163/Wirasatya ketika itu yakni Kolonel (Inf) Nyoman Cantiasa. Kini Jenderal bintang tiga tersebut menjabat sebagai Koordinator Staf Ahli Kepala Staf Angkatan Darat (Koor Sahli Kasad).

Hingga kini PPBN telah mencetak  sekitar 11.000 kader bela negara dari tingkat TK hingga SMA dan mendapat Penghargaan dari Kementerian Dalam Negeri RI (Kemendagri) khususnya Direktorat Bina Ideologi, Karakter, dan Wawasan Kebangsaan.

Ketua Korps Menwa Kab. Buleleng, Dra. Ni Made Cantiari, M.Si didampingi Komandan Korps Bela Negara Kab. Buleleng, Ketut Rusena dan Wadan Yon B-920/Jayastambha Undiksha, Feny Sugiantari menyampaikan akan menindaklanjuti kembali program PPBN  kerjasama dengan Pemuda Panca Marga (PPM) Kab. Buleleng yang sebelumnya juga telah melaksanakan MoU pada 2 Januari 2022 di STKIP Singaraja.

Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga kab. Buleleng yang diwakili oleh Plt. Pembinaan PAUD Dan PNF, Dra. Made Sri Suparmi menyampaikan PPBN ini bagus untuk pembinaan karakter agar selalu mencintai bangsa dan negara sejak usia dini. “Kami meyakini anak-anak dapat termotivasi dan akan semakin menghargai perjuangan para pejuang terdahulu,” ungkapnya.

Ketua Tim Pro 1 RRI Singaraja, Ni Nyoman Wirati, S.Pd yang membawahi Program Siaran Dunia Anak melaporkan Pawai Kebangsaan diikuti sekitar 600 anak TK se-Kab Buleleng didampingi  sekitar 150 guru TK yang membentangkan bendera merah putih sepanjang 200 meter, mengusung simbol-simbol negara serta  tampilan Drumb band dan Bleganjur melewati rute RRI Singaraja menuju Taman Kota. Pawai ini juga melibatkan sekitar 250 orang pasukan gabungan terdiri dari Korps Bela Negara Kab. Buleleng, Korps Menwa Kab. Buleleng, Pemuda Panca Marga Kab. Buleleng, Kwarcab Pramuka Kab. Buleleng, dan Menwa Undiksha.

Ketua IGTKI Kab. Buleleng, Desak Putu Sri Yulistiawati, S.Pd.AUD mengucapkan terima kasih kepada LPP RRI Singaraja dan Korps Menwa Ugracena karena telah diajak berkolaborasi menyukseskan kegiatan. Pihaknya sangat mendukung kegiatan ini sebab sejalan dengan impelementasi kurikulum merdeka belajar terkait upaya menanamkan nilai bela negara sejak usia dini.

Usai pembukaan dilakukan penyerahan Buku Empat Pilar MPR-RI dan Duplikat Prasasti Testimoni PPBN Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) Indonesia yang diserahkan oleh Kasmen Mumtazah kepada Ketua IGTKI dan Perwakilan 8 Gugus TK Kab. Buleleng.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut, Ketua Korps Menwa Indonesia Provinsi yang juga Sekretaris Gugus Kebangsaan Provinsi Bali Bagus Ngurah Rai, S.H.,MBA.,MM; Koordinator IKA Menwa Seroja Timor Timur Wilayah Bali, Desak Kusumawati, Ketua Korps Menwa Kab. Badung, Krisna Adigunartha,M.Kn; Jajaran Pimpinan LPP RRI Denpasar, dan Jajaran Pimpinan PPM Buleleng. (MM)

- Advertisement -

Menara62 TV

- Advertisement -

Terbaru!