30.4 C
Jakarta

SD Muhammadiyah PK Banyudono Adakan IHT Pelayanan Prima

Baca Juga:

 

BOYOLALI, MENARA62.COM – Bertempat di aula sekolah, SD Muhammadiyah Program Khusus Banyudono Kabupaten Boyolali mengadakan kegiatan In House Training dengan Tema “Pelayanan Prima Menuju Sekolah Berkemajuan”, Kamis (23/06/2022). Kegiatan ini menghadirkan pembicara ust.Pamuji Raharjo Ketua FKKS SD /MIM Jawa Tengah.

Ust. Pujiono selaku kepala SD Muhammadiyah PK Banyudono dalam sambutan pembukaan menuturkan acara ini dilandasi dari inspirasi pelayanan hotel, pelayanan perbankan yang sangat sempurna. “Akan sangat bagus jika diterapkan di dunia pendidikan,”ujarnya.

Masih menurut Pujiono bahwa sekolah swasta tak ubahnya seperti warung makan, di mana pelanggan akan menjatuhkan pilihan itu karena rasa, pelayanan, harga dan tempat yang nyaman bersih. Rasa dalam hal pendidikan profil output siswanya ( berkualitas, sholih, berkarakter, mandiri) tentunya akan menjadi pilihan. Dan hal ini bisa juga dengan program-program sekolah yang baik. Kemudian pelayanan, dalam dunia pendidikan bagaimana semua warga sekolah mampu memberikan pelayanan kepada wali murid yang baik ( excellent service).

“Kadang masih kita jumpai ketika ada tamu, guru tidak segera menyambut. Kalau menyambut dengan wajah muram, ditanya tidak ngerti. Meski itu hanya menanyakan di mana letak kantor kepala sekolah. Maka semua warga sekolah harus memiliki budaya senyum, salam, sapa. Sedangkan harga dalam hal ini biaya akan sangat bergantung pada kepuasan pelanggan wali murid dalam profil output maupun pelayanan. Jika bagus bayar mahalpun akan dilakukan,”imbuhnya.

Sementara Ustadz Pamuji Raharjo dalam isian materi menjelaskan bahwa pelayanan prima itu sangat penting. Pelayanan prima dan sudah menjadi ikon internasional bank atau hotel. Para pekerja masuk training. “Carane mlaku, carane tersenyum dengan pelanggan, bagaimana carannya bicara semua ada ilmumya. “Sekolah bisa melakukanya dengan dibuat SOP dari hal-hal yang sederhana. Jika ada tamu segera disambut, diantar mau ke mana,”jelasnya.

 Service excellence, core menyambut siswa dengan senyum, KBM yang menyenangkan. Dengan pelayanan excelent akan dapat membangun kepercayaan sekolah. Selain juga bisa meningkatkan Brand. Hal-hal yang kecil seperti anak masuk kelas. “Dengan mengucap salam, anak ketemu guru dengan salam, anak dengar azan langsung pergi ke masjid, membuang sampah di tempatnya, menata sandal, rajin nabung dan lain-lain. Ini akan membanggakan orang tua. Dan ini butuh waktu dan guru telaten mengawal pembiasaan. Tiap hari telaten mengawasi,”imbuh Pamuji.

Masih menurut Pamuji Raharjo, di antara alasan orang tua memilih sekolah itu karena :
1. karena pelayanan ( excellent service ),
2. karena Prestasi sekolah yang baik,
3. karena program unggulan sekolah ( Tahfid, bahasa, Life Skill dan lainya),
4. karena gurunya yang baik profesional,
5. karena sarpras sekolah yang memadahi
6. karena letak geografis, mudah dijangkau
7. karena gedung yang megah
8. biaya yang terjangkau

Nah, dari.sekian itu sekolah kita yang mana? Paling tidak harus ada yang diunggulkan. Kalau gedungnya tidak megah, tapi program dan profil outputnya bagus, mencari kesempurnaan itu hal yang susah.Tapi dengan keyakinan dan ketekunan pasti kita bisa,”kata Pamuji mengakhiri pembicaraannya. (*)

- Advertisement -

Menara62 TV

- Advertisement -

Terbaru!