30.4 C
Jakarta

SD Unggulan Aisyiyah Bantul Gelar Vaksinasi Covid-19 bagi 689 Siswa

Baca Juga:

BANTUL, MENARA62.COM – SD Unggulan Aisyiyah Bantul bekerja sama dengan Muhammadiyah Covid-19 Command Center (MCCC) PP Muhammadiyah dan Puskesmas II Bantul, menggelar vaksinasi anak usia 6-11 tahun, Rabu (22/12). Vaksinasi diikuti oleh 689 siswa sekolah yang berada di Palbapang, Bantul tersebut.

Hadir dalam acara pembukaan vaksinasi tersebut, Ketua MCCC PP Muhammadiyah Agus Samsudin, Ketua PP Aisyiyah Salmah Bayim, Pimpinan Daerah Aisyiyah (PDA) Kabupaten Bantul, Direktur RS PKU Muhammadiyah Bantul Kepala Puskesmas Bantul II, Panewu dan Lurah setempat serta orang tua/wali murid SD Unggulan Aisyiyah Bantul.

Vaksinasi ini menurut Salmah Bayim, merupakan vaksinasi anak umur 9-11 pertama kali yang dilaksanakan di lingkup Persyarikatan Muhammadiyah. PP Aisyiyah juga sudah melakukan vaksinasi terhadap kelompok usia dewasa dan lansia.

Menurutnya Anak itu sama dengan orang dewasa, bisa terkena Covid-19, sehingga anak juga berhak untuk mendapatkan vaksinasi. Selain itu dengan vaksinasi diharapkan pembelajaran tatap muka juga akan segera bisa dilaksanakan. Untuk pembelajaran tatap muka ini sangat penting jaminan anak-anak tetap sehat dalam menjalankannya.

“Karena anak itu juga akan bisa menularkan Covid-19 kepada lingkungan dimana dia berada di sekolah di tempat bermain apalagi di rumah,” kata Salmah.

Vaksinasi untuk anak ini, Salmah menambahkan, selain menjaga anak tidak terkena covid, juga merupakan pemenuhan hak anak untuk tetap sehat dalam tetap tumbuh kembangnya.

“Kalau anak itu sehat, anak itu tumbuh kembangnya baik akan meningkatkan kelentingan anak. Sehingga imunnya menjadi bertambah,” imbuhnya.

Ketua MCCC PP Muhammadiyah, Agus Samsudin mengatakan sampai sekarang MCCC sudah memvaksinasi kurang lebih 400.000 orang, mulai dari Sumatra Utara sampai ke sorong. Semua ini atas kerjasama dari berbagai pihak, khususnya yang paling besar tentu saja adalah dari rumah sakit rumah sakit Muhammadiyah yang mensupport sebagaimana disampaikan Budi Santoso MDMC PP kepada Arief Hartanto kontributor MENARA62.COM.

Agus Samsudin juga mengaku MCCC banyak ditanya orang untuk mulai mengendurkan SOP-SOP, termasuk salat dan sebagainya. “Perlu saya sampaikan pada kesempatan kali ini, Saya mohon Bapak dan ibu bersabar 2 bulan lagi,” katanya.

MCCC menurut Agus, masih menunggu bulan Januari atau Februari itu nanti ada kenaikan paparan Covid-19 apa tidak. “Kalau tidak, maka insyaallah kita akan mencoba untuk mengendur,” tegasnya.

Untuk vaksinasi anak ini, Agus mengatakan MCCC sudah mendapatkan komitmen dari Kementerian Kesehatan, 100 sampai 150 ribu dosis vaksin. Maka Agus Samsudin meminta pihak sekolah di Bantul yang menginginkan vaksinasi bagi siswa untuk tidak ragu menghubungi MCCC.

Kepala SD Unggulan Aisyiyah Bantul, Suwardi juga menyampaikan pihaknya mendambakan untuk bisa segera menyelenggarakan pembelajaran tatap muka secara normal.

“Vaksinasi ini sebagai upaya dan ikhtiar kita menuju era normal baru,” kata Suwardi.

Suwardi juga melaporkan vaksinasi ini diikuti oleh 689 siswa SD Unggulan Aisyiyah Bantul dan didukung penuh dalam pelaksanaannya oleh Puskesmas II Bantul.

Menara62 TV

- Advertisement -

Terbaru!