29.6 C
Jakarta

Semarak Peringatan HUT RI di SD Muhammadiyah PK Kottabarat

Baca Juga:

 

SOLO, MENARA62.COM – Ratusan murid SD Muhammadiyah Program Khusus Kottabarat Surakarta mengikuti perlombaan dalam rangka menyambut hari ulang tahun kemerdekaan ke-77 Republik Indonesia, Kamis – Jumat (11 – 12/8/2022).

Riuh ramai sorak-sorai murid mewarnai kegiatan ini. Maklum saja, para murid sudah mempersiapkan kegiatan ini dua minggu sebelum acara berlangsung. Kegiatan tahunan ini diselenggarakan oleh Tim Klaster IPAS dengan mengambil tema “Semarak 77 Aksi Nyata Cinta Indonesia“.

Jenis lomba yang dipertandingkan meliputi lomba majalah dinding, mewarnai, menggambar, deklamasi puisi, menyanyi lagu nasional, memasukkan pensil dalam botol, cerdas cermat, membuat kreasi barang bekas, memasukkan belut dalam botol, dan fashion show pakaian adat. Ada juga lomba untuk guru, yaitu lomba membuat flyer dengan aplikasi Canva dengan tajuk “Aksi Nyata Cinta Indonesia“.

Lusia Wahyu Purbowati, selaku Ketua Klaster IPAS menyampaikan kegiatan lomba digelar selama dua hari. Rangkaian lomba ditutup dengan pagelaran fashion show pakaian adat dari perwakilan murid kelas I sampai VI

“Kegiatan ini dilaksanakan untuk menyambut dan memeriahkan hari ulang tahun kemerdekaan Republik Indonesia, sekaligus upaya sekolah menanamkan nasionalisme sejak dini kepada murid,” jelasnya.

Kegiatan ini sebagai wadah dan sarana murid untuk berekspresi, menanamkan nilai-nilai perjuangan para pahlawan, dan memotivasi murid untuk mengembangkan sikap sportivitas.

Dalam penyelenggaraan kegiatan ini murid diberi keleluasaan untuk berekspresi, menunjukan minat dan bakat, serta melatih rasa percaya diri. Arti sportivitas juga perlu dipraktikkan dalam kehidupan sehari-hari, di mana setiap murid harus menerima kekalahan dan rendah hati ketika mendapat kemenangan.

Salah satu murid kelas IV, Adina Zahra Brisbenia Nugroho, terlihat bersuka cita menjadi salah satu peserta lomba menyanyi lagu nasional.

Dengan pipi kanan kiri berhias bendera merah putih penampilan Adina tampak semakin menggemaskan.

“Sedari kecil aku suka menyanyi. Selain untuk menyalurkan hobi, aku ingin mendapatkan hadiah menarik yang disiapkan oleh panitia lomba,” tambahnya. (*)

- Advertisement -

Menara62 TV

- Advertisement -

Terbaru!