26.3 C
Jakarta

SMP Muhammadiyah 1 Simpon Surakarta Belajar Manfaatkan Sampah

Baca Juga:

SOLO, MENARA62.COM — SMP Muhammadiyah 1 Simpon Surakarta, Jawa Tengah, belajar memanfaatkan sampah, dalam program Ecobriks Goes To School. Kegiatan ini bekerja sama dengan 20 sekolah di kota Solo, Kamis (2/11/2017).

Pelaksanaan sosialisasi dan edukasi ke sekolah khususnya SMP Muhammadiyah 1 Simpon Surakarta, bekerja sama dengan Komunitas Kresek Sampah Ekonomi Kota (Kresek) Solo dan Komunitas Kresek Kudus.

Menurut Amalia Zulfana Rohman yang akrab dari SMP MUhammadiyah 1 Simpon, tujuan kegiatan ini untuk memberikan sosialisasi kepada siswa agar mereka dapat memanfaatkan sampah dengan sebaik mungkin. Terkait dengan pemanfaatan sampah ini, sekaligus memberikan edukasi agar tidak membuang sampah sembarangan.

Ia berharap, kegiatan ini tidak sekedar dikhususnya kepada 60 siswa peserta program saja, tetapi bisa menularkan kepada siswa yang lain, khususnya SMP Muhammadiyah 1 Simpon Surakarta.

Kegiatan mendaur ulang sampah ini, mengajak siswa untuk mengumpulkan sampah dan memanfaatkan untuk dibuat suatu kreasi. Seperti, botol bekas yang diisi dengan kertas sampai penuh dan harus disesuaikan beratnya, sehingga nanti bisa disatukan beberapa botol, dan akhirnya dapat dibuat suatu tempat duduk yang kuat dan praktis.

“Sejumlah siswa yang dipilih adalah siswa kelas program khusus (PK) sejumlah 62 siswa yang diberikan sosialisasi dan edukasi ini,” kata Hermawan, wakil kepala sekolah bidang kesiswaan. “Ini karena juga merupakan salah satu program kelas PK sebagai kelas percontohan di SMP Muhammadiyah 1 Simpon Surakarta,” ujarnya.

- Advertisement -

Menara62 TV

- Advertisement -

Terbaru!