26.4 C
Jakarta

STIKes Muhammadiyah Aceh, Gelar Edukasi Praktek Perawatan Bayi Selama Masa Pandemi

Baca Juga:

BANDA ACEH, MENARA62.COM – Sekolah Tinggi Ilmu kesehatan (STIKes)  Muhammadiyah Aceh mengadakan kegiatan Pengabdian Masyarakat sebagai landasan pelaksanaan Tridarma Perguruan Tinggi. Tema yang di usung dalam kegiatan kali ini adalah “Peningkatan Kapasitas Kader dalam Melakukan Perawatan Bayi Baru Lahir.”

Selain sebagai Tri Darma Perguruan Tinggi, kegiatan ini dilakukan sebagai upaya untuk mendukung kegiatan Puskesmas Darul Imarah Aceh Besar mensosialisasikan perawatan bayi baru lahir . Kegiatan tersebut di diketuai oleh Sri Wahyuni, SST, MKM, anggota Sirajul Muna, SST, M. Kes

Wakil Ketua I Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Muhammadiyah Aceh Sirajul Muna, SST, M. Kes menyampaikan kegiatan ini melibatkan dosen dan mahasiswa dari program studi kebidanan. “Kegiatan ini sebagai bentuk pelaksanaan Tri Darma Perguruan Tinggi, dalam hal ini sebagai hilirasi dari hasil penelitian sebelumnya,” tuturnya, Selasa (7/12/2021).

Selain sebagai Tri Darma Perguruan Tinggi, kegiatan ini dilakukan sebagai upaya untuk mendukung kegiatan di Puskesmas lainnya, dalam hal ini melatih kader Posyandu. Selama pandemi ini terdapat beberapa program yang tidak terlaksana dikarenakan adanya pembatasan kegiatan bersekala besar Covid-19.

Kegiatan yang dilakukan di tengah tengah masyarakat ini juga tetap menerapkan dengan protokol kesehatan yang sangat ketat, apalahi saat ini angka kenaikan bayi baru lahir cendrung naik di Provinsi Aceh. disertai dengan meningkatnya status Aceh naik kembali menjadi level 3 penularan Covid-19 .

“Sebagai upaya dalam meningkatkan kapasitas kader posyandu tentang bagaimana melakukan perawatan bayi baru lahir, kader sebagai bagian dari kelompok masyarakat, diharapkan mampu menerapkan pelatihan yang telah didapat di desanya masing masing, sehingga, kesehatan bayi dapat terus dipantau dengan baik,” kata Sirajul Muna.

- Advertisement -

Menara62 TV

- Advertisement -

Terbaru!