25.2 C
Jakarta

UMS Gandeng UM Palembang Buka Prodi PSDKU S1 PGSD

Baca Juga:

 

SOLO, MENARA62.COM – Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) sebagai Universitas Mencerahkan Unggul Mendunia mengembangkan kualitas akademik dan kelembagaan dengan menggandeng UMP (Universitas Muhammadiyah Palembang) untuk membuka Prodi Program Studi diluar Kampus Utama (PSDKU) Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) Program Sarjana.

Wakil Rektor Bidang I UMS, Prof., Dr., Drs., Harun Joko Prayitno, S.E., M.Hum., mengungkapkan pengembangan PSDKU di UMP Palembang dan berbagai provinsi strategis.

“Ini merupakan upaya nyata untuk meningkatkan kemampuan SDM yang mampu bersaing, SDM yang unggul, SDM yang mampu beradaptasi pada era komputasi global,” ungkap Harun Sabtu (3/2).

Pernyataan tersebut sebagaimana disampaikan oleh Rektor UMS Prof., Sofyan Anif, M.SI., pada saat rapat koordinasi pembukaan PSDKU dengan Rektor UMP Palembang, Dr., Abid Djazuli yang didampingi oleh jajaran Wakil Rektor dan Dekanat secara lengkap.

Dalam rapat koordinasi pada Kamis (1/2) tersebut, antara Rektor UMS dan Rektor UMP sepakat untuk mengelola dan mengembangkan Prodi PSDKU ini secara profesional yang mampu menghasilkan sosok-sosok guru SD/MI profesional yang memiliki memiliki kemampuan HOPE (Progresif-Moderatif).

Program PSDKU UMS di UMP Palembang ini didasarkan pengalaman panjang UMS yang sebelumnya yang sudah berhasil mengembangkan UMKT Kalimantan Timur, UMMAD Madiun yang sedang dikembangkan oleh UMS menjadi UMJT, UMMAM Malaysia, Prodi Bahasa Indonesia di Al Azhar University Kairo Mesir, PSKJJ di Sorong Papua, dll.

Ditambahkan oleh Prof., Harun Joko Prayitno bahwa PSDKU S1 PGSD di UMP ini akan didesain dengan perkuliahan smart classroom, berbasis OBE (Outcome Education), dan berpendekatan pembelajaran IT (Inovasi Talenta) Abad 21. Lulusan S1 PGSD PSDKU di UMP ini akan dibekali dengan Kompetensi Holistik Era Komunikasi-Komputasi Global.

“Inovasi dan kreasi tanpa henti yang dilakukan oleh UMS ini menjadi bukti nyata bahwa Muhammadiyah Aisyiyah melalui PTMA senantiasa bersinergi dan berkolaborasi dalam meningkatkan SDM unggul yang mampu berdaya saing. UMS senantiasa berhikmat dan berkomitmen menghadirkan pendidikan di seluruh pelosok negeri dari Sabang sampai Merauke,” papar WR 1 Bidang Akademik UMS itu. (*)

- Advertisement -

Menara62 TV

- Advertisement -

Terbaru!