32.6 C
Jakarta

UMS Jadi Tuan Rumah Peksimida 2024 Tangkai Lomba Penulisan Lakon

Baca Juga:

 

SOLO, MENARA62.COM – Badan Pembina Seni Mahasiswa Indonesia (BPSMI) mengadakan Seleksi Pekan Seni Mahasiswa Daerah (Peksimida) Jawa Tengah 2024 Tangkai Lomba Penulisan Lakon yang diselenggarakan di Ruang Seminar Lt.7 Gedung Induk Siti Walidah (GISW) Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS), Rabu (19/6).

Balai Pengembangan Talenta Indonesia (BPTI) menyelenggarakan ajang talenta setiap tahun di berbagai bidang. Dalam kerangka program Manajemen Talenta Nasional (MTN), BPTI melakukan pembinaan berkelanjutan untuk menghasilkan bibit-bibit talenta unggul di bidang-bidang Riset dan Inovasi, Seni dan Budaya, serta Olahraga. Salah satu program pengembangan bakat dan minat mahasiswa dalam bidang seni adalah Pekan Seni Mahasiswa Nasional (Peksiminas).

Kabag Minat & Bakat dan Beasiswa Biro Kemahasiswaan UMS, Drs. Suyatmin Waskito Adi, M.Si, menyampaikan laporan saat Pembukaan Seleksi Peksimida Jawa Tengah 2024 tangkai lomba Penulisan Lakon.

Suyatmin melaporkan bahwa Peksimida Jawa Tengah 2024 tangga lomba Penulisan Lakon yang bertempat di UMS sekaligus sebagai tuan rumah, telah diikuti oleh pemenang seleksi di tingkat perguruan tinggi masing-masing. Sehingga, peserta yang hadir merupakan delegasi perguruan tinggi yang sudah terpilih.

“Peserta pagi hari ini berjumlah 17 dari 9 kota/kabupaten di Jawa Tengah. Prodi yang didelegasikan untuk mengikuti kompetisi penulisan lakon didominasi prodi umum, bukan dari seni. Yang perlu ditekankan, peserta yang hadir memiliki darah seni yang nantinya akan dituangkan dihadapan dewan juri,” kata Suyatmin.

Sambutan dan arahan tak lupa disampaikan oleh Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Alumni UMS, Prof. Ihwan Susila, S.E., M.Si., Ph.D.

Ihwan mengucapkan selamat datang di UMS kepada seluruh peserta Peksiminas 2024 yang akan menguji kemampuannya di bidang seni yaitu penulisan lakon.

“Kami mewakili UMS mengucapkan terimakasih kepada BPSMI Jawa Tengah yang telah mempercayakan kegiatan tangga lomba Penulisan Lakon di UMS, mudah-mudahan kegiatan di pagi hari ini berjalan dengan baik dan lancar, semoga bisa semakin meningkatkan kreativitas dan dituangkan dalam penulisan lakon,” ucap Ihwan.

Penghujung dari pembukaan, sambutan disampaikan oleh Ketua BPSMI yang diwakili oleh Dr. Siswoyo, S.Pt., MP., sekaligus dilakukan pembukaan secara simbolis.

“Pelaksanaan Peksimida tangkai lomba Penulisan Lakon yang UMS sebagai tuan rumah ini adalah satu rangkaian kegiatan Peksimida Jawa Tengah di mana penulisan lakon ini adalah kegiatan yang ke dua. Kegiatan pertama sudah dilakukan di Universitas Semarang (USM) pada tangkai Seni Pop (putra dan putri). Kegiatan selanjutnya yaitu Tari Garapan yang akan diselenggarakan di Universitas Sebelas Maret (UNS) dan Institut Seni Indonesia (ISI) Surakarta,” papar Siswoyo.

Pembukaan secara global, lanjutnya, dipusatkan di ISI Surakarta dan itu merupakan rangkaian semua kegiatan Peksimida Jawa Tengah 2024 dan penutupan secara global di Universitas Tidar (Untidar), Magelang.

BPSMI Jawa Tengah berterima kasih sebesar-besarnya kepada UMS, khususnya Biro Kemahasiswaan, karena telah berkenan sebagai tuan rumah Peksimida Jawa Tengah 2024 tangkai lomba Penulisan Lakon.

Siswoyo juga menyampaikan bahwa Penulisan Lakon adalah salah satu tangkai seni yang diperlombakan di Peksiminas yang betempat di Universitas Negeri Jakarta (UNJ) pada 2-7 september 2024.

“Harapannya penulisan lakon kali ini dapat menghasilkan juara yang mampu berprestasi dan mampu ikut membawa Jawa Tengah kembali Juara Umum Peksiminas 2024,” pungkasnya. (*)

- Advertisement -

Menara62 TV

- Advertisement -

Terbaru!