25 C
Jakarta

Kitab Kasih Sayang

Baca Juga:

“Dan Kami turunkan dari Al Quran (sesuatu) yang menjadi penawar dan rahmat bagi orang-orang yang beriman, sedangkan bagi orang yang zalim (Al-Qur’an itu) hanya akan menambah kerugian.” (Q.S. Al-Isra’ : 82)

Ketika menjelaskan makna “rahmat” pada ayat tersebut, Al-Sa’di dalam Taisir al-Karim al-Rahman fi Tafsir al-Kalam al-Mannan menyatakan bahwa di dalam al-Qur’an dijelaskan ada hal-hal yang menjadi sebab dan perantara seseorang mendapatkan rahmat-Nya. Ketika seorang hamba mampu melakukannya, maka ia akan mendapatkan kemenangan berupa rahmat serta kebahagiaan abadi.

Al-Qur’an adalah kitab penuh rahmat, kitab berlimpah kasih sayang. Di dalam al-Qur’an Allah menunjukkan rahmat-Nya. Di dalam al-Qur’an pula Allah menampakkan kasih sayang-Nya. Aturan-aturan yang Allah tetapkan di dalam al-Qur’an demi kemaslahatan hamba-hamba-Nya. Petunjuk yang Allah berikan melalui ayat-ayat-Nya adalah wujud kasih sayang-Nya kepada makhluk-Nya. “Dan rahmat-Ku meliputi segala sesuatu”, demikian disebutkan dalam salah satu ayat-Nya.

Seluruh ayat yang ada di dalam al-Qur’an adalah wujud serta bukti kasih sayang Allah kepada makhluk-Nya. Janji Allah berupa pahala, kebaikan serta surga (jannah) adalah wujud kasih sayang-Nya. Pun demikian dengan ancaman dosa, keburukan serta neraka adalah bukti kasih sayang-Nya, karena Allah tidak menghendaki hamba-Nya celaka dan sengsara di dunia dan akhirat.

Janji Allah bahwa seluruh makhluk-Nya di bumi dan di langit, di laut, di darat dan di udara dijamin rezekinya adalah bukti serta wujud kasih sayang-Nya. Semua ini termaktub di dalam al-Qur’an.

Sungguh, betapa sayangnya Allah kepada makhluk-Nya. Tak ada satu pun makhluk-Nya di dunia ini yang tak disayanginya. Bunga-bunga yang mekar indah di taman, tumbuh-tumbuhan yang menghasilkan beragam manfaat dan kebaikan, buah-buahan dengan aneka bentuk dan rasa, binatang dengan beragam jenis dengan aneka keunikan, serta manusia sang Khalifah yang dianugerahi kelebihan dan keistimewaan dibanding makhluk-makhluk Allah lainnya, semuanya disayangi-Nya, dijaga dan dirawat oleh-Nya, dipenuhi segala kebutuhan oleh-Nya. Semua ini tersurat jelas di dalam al-Qur’an.

Al-Qur’an adalah kitab kasih sayang. Di dalamnya diajarkan bagaimana cara mencintai, mengasihi dan menyayangi sesama. Di dalamnya ditunjukkan cinta, kasih dan sayang Sang Rahman kepada seluruh makhluk-Nya. Di dalamnya terdapat akhlak Sang Khalik kepda makhluk-Nya.

* Ruang Inspirasi, Jum’at, 12 Agustus 2022.

- Advertisement -

Menara62 TV

- Advertisement -

Terbaru!