25 C
Jakarta

Unkris akan Gelar Wisuda Secara Offline di JCC, Diikuti 1.200 Wisudawan

Baca Juga:

JAKARTA , MENARA62.COM – Universitas Krisnadwipayana (Unkris) berencana kembali menggelar wisuda secara offline di Jakarta Convention Center (JCC) pada 19 Mei 2022. Kegiatan yang mengambil tema Wujudkan Insan Unggul dan Beradab tersebut akan diikuti sekitar 1.200 wisudawan terdiri atas program strata 1 (S1), magister dan program doctor.

Rektor Unkris Dr. Ir. Ayub Muktiono, M.SIP, CIQaR dalam keterangan persnya menjelaskan Unkris tahun ini memasuki usia ke-70. Karena itu tema yang diusung pada wisuda kali ini adalah Wujudkan Insan Unggul dan Beradab. “Tema ini sesuai dengan visi dan misi Unkris memasuki usia 70 tahun,” tutur Rektor, Jumat (4/02/2022).

Sebagai perguruan tinggi  yang sudah berusia 70 tahun lanjut Rektor, Unkris tidak saja berhasil mengantarkan mahasiswanya memiliki kecerdasan intelektual, tetapi juga memiliki karakter yang kuat, tangguh dan mandiri. Keberhasilan tersebut akan terus ditingkatkan sehingga setiap lulusan Unkris memiliki displin diri, jujur, tanggungjawab, memiliki rasa nasionalisme, mampu menerapkan sikap gotong royong, memiliki jiwa kemandirian, kemaritiman, kewirausahan, sense of holistic interrelationship dan semangat patriotic.

“Hal-hal inilah yang dibutuhkan untuk menghadapi persaingan yang semakin kuat dan ketat,” jelas Rektor.

Lebih lanjut Rektor menjelaskan momen wisuda tahun ini menjadi momen yang sangat penting bagi Unkris yang telah memasuki usia 70 tahun. Sebagaimana halnya manusia, maka usia 70 tahun bagi lembaga pendidikan tinggi juga merupakan usia yang cukup matang untuk terus ambil bagian dalam melahirkan generasi penerus yang berkualitas.

“Gelombang pasang surut proses penyelenggaraan pendidikan tentu sudah kami lalui. Pengalaman tersebut membuat Unkris menjadi semakin kuat, kokoh dan tangguh,” tambahnya.

Terbukti jumlah alumni yang memiliki kiprah dan peran strategis di tengah masyarakat terus bertambah. Baik mereka yang berada di lembaga eksekutif (pemerintahan), lembaga legislatif maupun lembaga yudikatif.

“Peran tersebut akan terus kami perkuat di tahun-tahun mendatang. Kami bertekad Unkris harus menjadi kampus unggul selambatnya pada 2025,” tegas Rektor.

Terkait wisuda offline, Warek 3 Dr Parbuntian Sinaga menegaskan bahwa momen wisuda merupakan momen yang sangat berarti bagi para wisudawan sebagai bentuk pencapaian tertinggi proses akademik. Karena itu banyak wisudawan yang menginginkan wisuda digelar secara offline supaya kesannya lebih kuat dan mendalam.

“Kalau wisuda secara offline lebih berkesan dibanding wisuda online. Aura dan suasana wisudanya lebih terasa,” tutur Parbuntian

Karena itu meski pandemi masih belum berakhir Unkris mengambil kebijakan menggelar wisuda offline pada 19 Mei 2022. Tahun sebelumnya wisuda offline juga digelar secara offline dengan protokol kesehatan sangat ketat di Sentul Internasional Convention Center (SICC), Bogor.

“Kami tahun lalu menggelar wisuda offline dengan protokol kesehatan ketat. Alhamdulillah, semua berjalan aman dan lancar. Belajar dari pengalaman tersebut maka kami akan menggelar wisuda offline lagi tahun ini,” lanjutnya.

Parbuntian menyebut bahwa prokes yang diterapkan pada momen wisuda tahun ini tidak berbeda jauh dengan prokes yang berlaku pada wisuda offline tahun lalu “Selain ada kewajiban swab atau PCR bagi calon wisudawan, kami juga hanya mengizinkan wisudawan yang hadir di lokasi. Sedang orang tua atau keluarga cukup mengikuti melalui live  streaming channel Unkris TV,” tegas Parbuntian.

Dengan jumlah wisudawan yang cukup banyak, Parbuntian menjelaskan pihaknya terus melakukan koordinasi sebaik mungkin baik dengan panitia wisuda maupun satgas Covid-19. “Kita harus memastikan bahwa momen wisuda yang melibatkan lebih dari 1000 peserta dalam tempat yang sama, harus aman. Koordinasi dengan pihak pengelola JCC sudah kami lakukan sejak Januari 2022,” tambahnya.

Sementara itu, Dr. Siswantari Pratiwi, Koordinator Bidang Acara menjelaskan pelaksanaan wisuda di JCC mengambil dua ruangan yakni Plenary Hall dan Asembly Hall JCC. Dua ruangan tersebut memberikan keleluasaan peserta untuk bergerak dan tetap menjaga jarak aman.

“Mekanisme wisuda juga kita buat mengalir. Jadi setiap wisudawan tidak perlu berlama-lama ada di lokasi wisuda,” tukasnya.

Ia memastikan bahwa momen wisuda tahun ini digelar dengan menerapkan protokol kesehatan yang sangat ketat. “Bahkan kami menyiapkan sarana pendukung untuk memastikan bahwa kegiatan digelar secara aman dan nyaman,” tambahnya.

Wisuda tahun ini digelar sebagai salah satu rangkaian Dies Natalis Unkris ke-70 yang jatuh pada 1 April 2022. Selain wisuda, Unkris juga menyiapkan beberapa agenda kegiatan untuk menyemarakkan Dies Natalis ke-70.

- Advertisement -

Menara62 TV

- Advertisement -

Terbaru!