25.2 C
Jakarta

UNY Sabet Juara Pertama Lomba Inovasi Digital Mahasiswa 2021

Baca Juga:

PADANG, MENARA62.COM – Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) berhasil merebut posisi pertama Lomba Inovasi Digital Mahasiswa (LIDM) tingkat nasional 2021. Dalam ajang yang digelar Pusat Prestasi Nasional (Puspresnas) Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) tersebut UNY menyambet gelar untuk 4 divisi lomba sekaligus yakni  Divisi Inovasi Teknologi Digital Pendidikan (ITDP), Divisi Inovasi Materi Digital Pendidikan (IMDP), Divisi Poster Digital (PD), dan Divisi Microteaching Digital (MD).

“Selamat atas pencapaian yang telah diraih oleh para pemenang, dan bagi seluruh finalis terlepas dari ada atau tidaknya piala yang dibawa pulang bagi kami, semua adalah juara yang telah menantang diri sendiri, yang telah membuat karya dan telah dilombakan di acara LIDM 2021,” ujar Sekretaris Jenderal (Sesjen), Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek), Suharti, dalam pidato penutupan, Ahad (19/9). Acara penutupan dilaksanakan secara hibrida dan disiarkan secara langsung di kanal YouTube Pusat Prestasi Nasional dari Universitas Andalas.

LIDM 2021 diikuti oleh 1.400 peserta yang terseleksi menjadi 355 peserta dari 100 tim dan 40 perguruan tinggi yang tersebar di Indonesia. LIDM telah dilaksanakan secara daring (online) dengan mengusung tema “Peran Inovasi Digital Mahasiswa dalam Mengimplementasikan Merdeka Belajar – Kampus Merdeka Menuju Indonesia Bangkit Berkompetensi Abad 21”.

Lebih lanjut, Sesjen berpesan agar para mahasiswa sebagai penerus dari bangsa dapat terus beradaptasi dengan perubahan, berinovasi untuk memecahkan segala permasalahan, dan memiliki kepedulian terhadap pembangunan yang berkelanjutan.

Rektor dari Universitas Andalas, Yuliandri, menyampaikan terima kasih terhadap Kemendikbudristek yang telah mempercayai Universitas Andalas sebagai tuan rumah pada kompetisi LIDM tahun 2021 ini.

Dikatakan Pelaksana tugas (Plt.) Kepala Puspresnas, Asep Sukmayadi, LIDM merupakan salah satu ajang talenta tingkat mahasiswa yang bekerja sama dengan perguruan tinggi. Semoga kompetisi ini dapat meningkatkan kemampuan literasi digital di tingkat mahasiswa dan bisa menjadi inspirasi mahasiswa di seluruh Indonesia. “Hal ini menjadi modal yang dapat dikembangkan dalam mempersiapkan industri 4.0, dan keinginan untuk mewujudkan 5.0 menjadi bagian penting untuk para seluruh adik-adik mahasiswa,” lanjut dia.

Setelah melalui proses penjurian yang diakukan secara daring, kegiatan berlanjut dengan pleno penentuan para juara dari lima divisi lomba. Untuk Divisi Inovasi Teknologi Digital Pendidikan (ITDP), Juara 1 diraih Tim DikasihflegexDong dari Universitas Negeri Yogyakarta. Juara 2 diraih Tim Edutech dari Universitas Jember. Juara 3 diraih Tim Kemendikbud dari Universitas Telkom. Juara Harapan diraih Tim Ganesha04_div1 dari Universitas Pendidikan Ganesha.

Selanjutnya, pemenang untuk Divisi Inovasi Materi Digital Pendidikan (IMDP), yaitu: Juara 1 diraih oleh Tim Walaikumsalam Warahmatullahi Wabarokatuh dari Universitas Negeri Yogyakarta. Juara 2 diraih oleh Tim 404 dari Universitas Negeri Yogyakarta. Juara 3 diraih oleh CS Team dari Universitas Negeri Malang. Juara Harapan diraih oleh Ngalam-Team dari Universitas Negeri Malang.

Kemudian, juara 1 untuk Divisi Video Digital Pendidikan (VDP) dimenangkan oleh Tim Tanggo dari Institut Pariwisata dan Bisnis Internasional. Juara 2 dimenangkan oleh Tim Vokasinema dari Universitas Brawijaya. Juara 3 dimenangkan oleh Tim Scenema dari Institut Seni Indonesia Surakarta. Juara Harapan dimenangkan oleh Tim Mannesani Production dari Universitas Muhammadiyah Makassar.

Berikutnya adalah pemenang untuk Divisi Poster Digital (PD). Peringkat 1 diraih Tim Aurum dari Universitas Negeri Yogyakarta, posisi kedua diraih oleh Tim Amerta dari Universitas Gadjah Mada, posisi ketiga diraih oleh Tim Pandeka dari Universitas Andalas. Juara Harapan diraih oleh Tim Gentech dari Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

Terakhir, pada Divisi Microteaching Digital (MD), daftar pemenangnya untuk adalah sebagai berikut. Juara 1 diraih oleh Tim Brigida Meraki dari Universitas Negeri Yogyakarta. Juara 2 diraih oleh Tim Darmaya UNESA dari Universitas Negeri Surabaya. Juara 3 diraih oleh Tim Dawet Ayu dari Universitas Ahmad Dahlan, serta Juara Harapan diraih oleh Team FKIP EUE 5 dari Universitas Esa Unggul.

“LIDM membuktikan bahwa pandemi tidak menjadi penghalang untuk mahasiswa dapat berprestasi terutama di bidang inovasi digital. Semoga ajang lomba ini dapat menjadi motivasi mahasiwa untuk terus berlomba menjadi yang terbaik dan terus berkarya,” tutup Asep Sukmayadi.

- Advertisement -

Menara62 TV

- Advertisement -

Terbaru!