30.4 C
Jakarta

Wartawan Menara62.com Raih Juara 1 Kompetisi Jurnalistik Surveyor Indonesia 2021

Baca Juga:

JAKARTA, MENARA62.COM – PT Surveyor Indonesia (Persero) mengumumkan 10 pemenang kompetisi jurnalistik Media Rush Surveyor Indonesia 2021, dalam kegiatan malam penghargaan Media Rush 2021, Jumat (6/8/2021). Penguman para pemenang kompetisi tersebut dihadiri oleh Direktur Utama PT Surveyor Indonesia (Persero), Haris Witjaksono dan Sekretaris Perusahaan Ngakan Made Oka Dhyana.

“Kami sangat bahagia bisa mengadakan acara temu wartawan seperti ini lagi meski saat ini hanya lewat daring,” ujar Haris.

Ia berharap Kompetisi Media Rush Surveyor Indonesia dapat menjadi ajang untuk meningkatkan kompetensi wartawan.

Dalam kesempatan tersebut Haris Witjaksono juga menyampaikan apresiasi dan ucapan terimakasihnya kepada kalangan media yang selama ini telah berperan mempublikasikan seluruh kegiatan PT Surveyor Indonesia (Persero) sehingga dapat diketahui oleh publik.

“Peran media sangat penting sebagai penyambung lidah, memberikan informasi terkait kerja dan program Surveyor Indonesia,” jelasnya.

Dengan keterlibatan media dalam pemberitaan PT Surveyor Indonesia diharapkan Surveyor Indonesia akan semakin dikenal oleh publik.

Pada masa pandemi Covid-19 ini, lanjut Haris, Surveyor Indonesia juga terus menunjukkan kiprahnya. Mulai dari aksi untuk ikut mengatasi pandemi bersama BUMN lain, ikut berperan membangkitkan ekonomi terutama melalui UMKM, vaksinasi massal, dan lainnya. “Contoh program kita untuk UMKM adalah pelatihan sertifikasi halal. Program ini ini diharapkan dapat membantu membangkitkan semangat UMKM sekaligus menjawab tantangan yang dihadapi para UMKM ke depan,” lanjut Haris.

Senada dengan Haris, Sekretaris Perusahaan Surveyor Indonesia Made berjanji kemitraan dengan awak media akan terus berlanjut. “Kami mengadakan ajang Media Rush ini sebagai apresiasi kami terhadap kinerja teman-teman selama ini meski kita belum bisa berjumpa secara langsung,” tukas Made.

Pada Malam Anugerah Media Rush 2021 itu 5 wartawan tulis dan 5 wartawan foto berhasil memenangkan kriteria sebagai juara 1, 2 dan 3 serta juara harapan 1 dan 2. Adapun para pemenangnya adalahuntuk kategori feature news, juara pertama diraih Ma’sumah Kurniawati, wartawan Menara62.com. Tulisan berjudul ‘Merancang Ulang Strategi Bisnis di Tengah Pandemi Bersama Surveyor Indonesia’ yang terbit pada 31 Juli 2021 dinilai oleh dewan juri sebagai sebuah artikel yang memiliki kekuatan pada semua aspek.

“Artikel ini kuat pada semua aspek terutama pada kedalaman, orisinilitas, kreativitas dan keunikannya,” jelas Tjahja Gunawan Diredja, salah satu juri kompetisi.

Menurutnya penulis berhasil mengambil angle yang tepat pada artikelnya. Yakni bagaimana sebuah bisnis perlu dirancang ulang di tengah pandemi. Merancang ulang tentu membutuhkan panduan yang tepat dan itu tergambar pada solusi yang disajikan dalam tulisan tersebut.

Direktur Utama PT Surveyor Indonesia (Persero) Haris Witjaksono memberi sambutan pada malam penghargaan Media Rush Surveyor Indonesia 2021 (ist/tangkapanlayar)

Adapun juara kedua untuk kategori feature news diraih wartawan Republika Muhammad Nusyamsyi melalui artikel berjudul ‘Kolaborasi PTSI dalam Pengembangan Ekonomi Syariah’, yang terbit pada 2 Agustus 2021. Kekuatan tulisan ini menurut juri, terletak pada orisinalitas ide dan keunikannya yakni kolaborasi PTSI dalam pengembangan ekonomi syariah.

“Penulis terus konsisten mengeksplorasi tema serta mengembangkan kreativitas dalam menggali angle tersebut,” jelas Tjahja.

Sedang juara 3 untuk kategori feature news  diraih Dana Aditiasari, wartawan Detik.com melalui artikelnya berjudul ‘Biar BUMN Survei Nggak Cuma Jago Kandang’ yang tayang pada 30 Juli 2021.

Untuk juara harapan 1 diraih Rommy Syawal, wartawan znews.di, dengan artikel berjudul ‘Surveyor Indonesia Membangun Negeri dengan AKHLAK’. Lalu juara harapan 2 diraih Rio dari Galamedia dengan artikel berjudul Surveyor Indonesia Bagian Holding Jasa Survei, dari Pengembangan Bisnis hingga Kesehatan di Tengah Pandemi.

Tim juri untuk kategori featue news terdiri dari Tjahja Gunawan (mantan wartawan Kompas dan kolumnis media) dan Irwan Kelana (wartawan senior Republika).

Selain kategori feature news, tim juri juga menetapkan lima pemenang untuk kategori Photo Story. Adapun juaranya adalah juara pertama diraih Agus Susanto dari Kompas, juara kedua Dwi Pambudi dari Rakyat Merdeka, juara ketiga Ghalib dari Lihatfoto.com, juara harapan 1 Indra Praetyawan dari Palopopos.com, dan juara harapan 2 Simon Dodit dari Suara Merdeka.

Sementara juri untuk kateogori Photo Story adalah Beawiharta (mantan wartawan foto Reuters dan saat ini pegiat visual story) dan Edi Purnomo (mantan wartawan foto AFP dan saat ini pegiat pendidikan fotografi).

Kompetisi jurnalistik Media Rush Surveyor Indonesia 2021 digelar dalam rangka HUT ke-30 Surveyor Indonesia dan peringatan HUT RI ke-76.

Menara62 TV

- Advertisement -

Terbaru!