25.4 C
Jakarta

Bijak Menggunakan Media Sosial

Baca Juga:

Oleh : Agustina Dyah Fajarwati, S.Psi

WONOGIRI, MENARA62.COM-Media sosial sudah lekat dengan kehidupan kaum milenial. Tidak hanya siswa yang melaksanakan pembelajar daring saja yang menggunakan internet, tapi semua kalangan  sudah menggunakan media sosial untuk menunjukkan eksisktensinya. Segala hal dibagikan di media sosial mulai dari kegiatan rutin, pengalaman yang dilalui sampai hal yang bersifat personal. Kebanyakan orang ingin terlihat eksis dan bahagia di media sosial. Oleh karena itu, kebanyakan postingan yang akan kita lihat merupakan postingan bersifat happy dari kehidupan orang lain. Mereka biasanya jarang mengunggah sesuatu yang bersifat sedih. Seperti saat ini di tengah wabah penyebaran virus corona di Indonesia telah membuat banyak sekolah dan kampus yang meliburkan proses pembelajaran secara tatap muka langsung dan sebagai gantinya maka diterapkanlah sistem belajar jarak jauh secara daring atau online. Itu artinya banyak peserta didik kita yang menggunakan fasilitas internet untuk pembelajaran daring, tetapi diluar itu kita sebagai orang tua, guru dan peserta didik itu sendiri harus bisa menggunakan internet secara bijak.

Di Indonesia, perilaku bersosial media sudah diatur dalam UU no. 11 tahun 2008 tentang informasi dan transaksi elektronik atau sering disebut UU ITE. Lalu, apakah media sosial penuh dengan masalah? Adanya masalah ataupun tidak tergantung bagaimana setiap orang menggunakannya. Oleh sebab itu, tidak ada salahnya sebagai kaum milenial mulai belajar cara menggunakan media sosial secara baik dan bijak dalam kehidupan sehari hari. Salah satunya dengan mengerti tata cara dan etika dalam menggunakan media social agar terhindar dari konflik ataupun pelanggaran hukum.

Banyak juga manfaat dari media sosial di jaman sekarang. Selain sebagai alat komunikasi terhadap teman atau kerabat jauh, ternyata media sosial banyak banget manfaatnya. Berikut manfaat bijak menggunakan media sosial  antara lain media sosial sebagai alat untuk mencari informasi karena  dengan adanya media sosial kita akan dengan mudah mendapatkan informasi-informasi yang berguna dalam kehidupan sehari-hari, media sosial bisa dijadikan sarana hiburan karena disaat kita jenuh tentu butuh hiburan. Nah dengan media sosial, kita bisa mendapatkan hiburan supaya pikiran lebih fresh selain itu media sosial juga bisa mendatangkan uang misal untuk jualan online untuk posting sebuah produk dan sebagainya. Yuk bijak menggunakan media sosial!

https://drive.google.com/file/d/16zJW1FWbvUn0hd4z6NVKWnqcPuEJcwGH/view?usp=sharing

*)Guru BK SMA Negeri 3 Wonogiri

- Advertisement -

Menara62 TV

- Advertisement -

Terbaru!