28.8 C
Jakarta

Blibli.com Dongkrak Jumlah Pasien Katarak di KMN EyeCare

Baca Juga:

JAKARTA, MENARA62.COM – Keterlibatan platform digital Blibli.com dalam pembiayaan operasi katarak di Klinik Mata Nusantara (KMN) EyeCare telah banyak dimanfaatkan oleh masyarakat. Model pembiayaan operasi katarak yang bisa dicicil dengan bunga nol persen tersebut menempati sekitar 30 persen pembiayaan operasi katarak di seluruh cabang KMN EyeCare.

“Dalam setahun kemarin, jumlah pasien yang kami layani untuk lima cabang KMN EyeCare sekitar 15 ribu orang, 60 persennya adalah kasus katarak. Dari kasus-kasus katarak tersebut, sekitar 30 persen ternyata memanfaatkan pembiayaan Blibli.com,” kata Head of Business Development KMN EyeCare, Sandro H Simanjuntak, di sela penyerahan penghargaan tulisan katarak kepada sejumlah media, Jumat (21/2/2020). Lomba karya jurnalistik yang berhasil memilih enam pemenang tersebut digelar dalam rangka HUT ke-15 KMN EyeCare.

Padahal keterlibatan Blibli.com dalam mekanisme pembiayaan operasi katarak di KMN EyeCare belum genap setahun. Ternyata animo masyarakat untuk memanfaatkan kemudahan tersebut sedemikian besar.

Baca juga: KMN EyeCare Jadi Rujukan Operasi Katarak

Karena itu, KMN EyeCare berencana memperluas kerjasama pembiayaan pengobatan mata dengan berbaagai perusahaan pembiayaan digital seperti Ovo, Gopay, dan Kredivo.

“Dalam waktu dekat kami akan melakukan kerjasama dengan platform digital tersebut, agar masyarakat memiliki lebih banyak pilihan untuk mengakses layanan kesehatan mata di KMN EyeCare,” tambah Sandro.

Menurutnya, kerjasama dengan platform digital atau fintech untuk pelayanan kesehatan menjadi pilihan yang tidak bisa dihindarkan KMN EyeCare terkait perkembangan teknologi informasi yang sangat pesat. Dimana makin banyak masyarakat yang mulai meninggalkan uang tunai dan beralih ke uang dalam bentuk digital.

“Mesin ATM saja di klinik kami tidak ada, karena ATM pun mulai ditinggalkan konsumen. Pasien memilih cara pembayaran yang sangat mudah,” jelas Sandro.

Baca juga: KMN EyeCare Operasi Lasik Artis Rezky Aditya

Ia berharap kerjasama dengan platform digital dan fintech akan dimanfaatkan oleh masyarakat untuk mengakses layanan kesehatan mata di seluruh cabang KMN EyeCare termasuk cabang di Semarang, Jawa Tengah.

Sandro mengatakan meski banyak rumah sakit yang menawarkan pelayanan operasi katarak, tetapi banyak masyarakat yang lebih suka melakukan operasi katarak di KMN EyeCare. Alasannya, selain menggunakan teknologi canggih keluaran Alcon Laboratories, KMN EyeCare hanya menggunakan lensa tanam berkualitas tinggi untuk menggantikan lensa yang mengeruh (katarak) yang “diambil”.

“Lensa tanam yang digunakan di KMN EyeCare adalah produk dari Alcon, USA yang tentunya akan memberikan kualitas penglihatan yang baik setelah operasi. Lensa tanam ini dilengkapi dengan perlindungan terhadap sinar ultra violet,” tambahnya.

Keunggulan lain dari KMN EyeCare adalah kualitas dari Intraocular lens (IOL) yang digunakan sebagai pengganti fungsi lensa mata yang diangkat pada waktu operasi katarak. Sebab kualitas IOL  sangat mempengaruhi fungsi penglihatan pasca operasi.

Baca juga: Merry Riana Lakukan Lasik di KMN EyeCare

“KMN EyeCare hanya menggunakan IOL dari USA yaitu Acrysof single piece yg merupakan lensa yang digunakan oleh klinik mata terbaik dunia,” tukasnya.

Acrysof adalah acrylic hydrophobic dengan bio kompatibilitas yang paling baik dan terbukti secara klinik memiliki angka terjadinya katarak sekunder (PCO) paska operasi yang paling rendah dibanding dengan jenis lensa lainnya saat ini. Acrysof single piece dibuat dalam satu kesatuan bahan tanpa sambungan dan dapat dimasukkan ke dalam bola mata melalui sayatan yang kecil  2,2 mm dengan injector khusus.

Untuk mesin operasinya, KMN EyeCare menggunakan mesin operasi katarak phaco jenis Peristaltic buatan USA. Mesin ini menggunakan teknologi paling mutakhir dan hanya digunakan pada klinik-klinik mata terbaik dunia. Beberapa keunggulannya selain canggih dan aman, mesin ini juga dapat mempertahankan stabilitas cairan dalam bola mata secara amat baik.

“Manfaat bagi pasien adalah memperkecil terjadinya risiko komplikasi dalam prosedur operasi, pengontrolan yang mudah oleh dokter, dan hasil operasi yang optimal dengan komplikasi minimal,” tegas Sandro.

Beberapa efek penggunaan dari lensa yang kurang bagus antara lain silau jika terkena sinar, kurang focus untuk melihat saat malam tiba atau dalam suasana gelap dan lainnya.

Selain menggandeng berbagai fintech, KMN juga berencana meluncurkan website KMNStore, guna memudahkan pasien KMN mendapatkan obat-obatan langsung dari bagian farmasi KMN.

- Advertisement -

Menara62 TV

- Advertisement -

Terbaru!