30.4 C
Jakarta

Fakultas Sains dan Teknologi UMSIDA Latih Dosen Publikasi di Media Digital

Baca Juga:

 

 

SIDOARJO, MENARA62.COM – Fakultas Sains dan Teknologi Universitas Muhammadiyah Sidoarjo (UMSIDA) mengadakan workshop publikasi di media digital, Kamis (5/1/23). Kegiatan ini diadakan di kampus 2 UMSIDA, dengan diikuti para pejabat struktural fakultas dan program studi di lingkungan Fakultas Sains dan Teknologi UMSIDA.

 

“Ada berbagai capaian prestasi Fakultas Sains dan Teknologi UMSIDA, baik oleh dosen maupun mahasiswa yang perlu disebarluaskan ke masyarakat. Untuk itulah dosen perlu dibekali kemampuan jurnalisme dan publisitas. Apalagi sebagai fakultas di bidang sains dan teknologi yang banyak melahirkan hasil riset di bidang sains dan teknologi,” jelas Dr. Hindarto, dekan Fakultas Sains dan Teknologi UMSIDA. Hindarto menambahkan bahwa dengan publikasi, catur darma perguruan tinggi Fakultas Sains dan Teknologi UMSIDA terpublikasikan dalam bentuk berita maupun artikel ilmiah populer.

 

Workshop dilakukan dengan diperbanyak dimensi praktek, di mana dosen-dosen peserta workshop langsung diajak membuat berita. Berita yang dibuat berasal dari hasil penelitian yang terbit di jurnal, laporan penelitian, laporan pengabdian masyarakat, dan statemen terhadap isu terkini di bidang sains dan teknologi. Setelah berita ditulis, dosen Fakultas Sains dan Teknologi UMSIDA mengunggah berita di website fakultas dan mengirimkannya ke media digital dengan platform user generated content (UGC).

 

Para dosen antusias mengikuti workshop yang langsung mengajak mereka menulis berita dalam perspektif jurnalisme sains. Workshop menghadirkan fasilitator, Dr. Fajar Junaedi, dosen Ilmu Komunikasi Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY). Ini sekaligus sebagai bentuk nyata kolaborasi antarperguruan tinggi Muhammadiyah.

 

“Ke depan, berbagai pemberitaan tentang prestasi, hasil penelitian, luaran pengabdian, dan berbagai hal dari program studi dan fakultas baik mahasiswa maupun dosen di lingkungan Fakultas Sains dan Teknologi UMSIDA akan terus ditingkatkan secara kuantitas maupun kualitasnya. Setelah para pejabat struktural menguasai bagaimana melakukan publikasi di media, selanjutnya akan berlanjut ke dosen dan mahasiswa,” imbuh Hindarto. Hindarto menambahkan dengan berbagai publikasi di atas, Fakultas Sains dan Teknologi UMSIDA terus mengukuhkan sebagai kampus pilihan di bidang sains dan teknologi. (*)

 

 

 

 

 

 

 

 

- Advertisement -

Menara62 TV

- Advertisement -

Terbaru!