28.6 C
Jakarta

Gubernur Khofifah Lepas 1.080 Warga Jawa Timur Mudik Bareng Gratis

Baca Juga:

JAKARTA, MENARA62.COM – Merayakan Idulfitri 1444 H di kampung halaman, sebanyak 1.080 warga Jawa Timur dari berbagai kota dan kabupaten Mudik Bareng Gratis yang digelar Pemrov Jawa Timur. Menggunakan 24 unit bus, ribuan warga Jawa Timur tersebut dilepas Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa dari Padepokan Pencak Silat TMII, Jakarta Timur pada Selasa pagi (18/4/2023).

Ikut hadir Kepala Basarnas sekaligus Ketua Ikatan Keluarga Magetan Marsekal Madya Hendry Alfiandi, Sekda Pemprov Jatim Adhy Karyono, dan Kepala Dinas Perhubungan Pemprov Jatim Nyono ST.

Dalam sambutannya, Gubernur Khofifah menyampaikan mudik bareng gratis warga Jatim tahun ini adalah untuk kedua kalinya digelar Pemrov Jatim. “Fasilitas ini diberikan kepada warga Jatim yang tinggal atau bekerja di Jabodetabek,” kata Khofifah.

Fasilitas mudik bareng gratis selain dalam rangka mengurangi kemacetan lalu lintas, juga sekaligus memberikan rasa aman, nyaman dan berkesan bagi pemudik sekaligus menekan angka kecelakaan lalu lintas. Mereka akan diantar ke kota tujuan oleh bus-bus sesuai lokasi tinggal pemudik.

Tidak hanya Jakarta, esok harinya Khofifah juga akan melepas 161 bus dari Surabaya.”Besok Insya Allah berangkatkan 161 bus dari kantor Dinas Perhubungan Jawa Timur. Kemudian, besok lusa untuk keempat kalinya melalui kapal penyebrangan di pulau-pulau di Madura,” ucap Khofifah.

Penyeberangan ke pulau-pulau bagi bus-bus pemudik tersebut akan dilakukan pada tanggal 20 April 2023.

Mudik bareng gratis bertema Nyaman dan Berkesan tersebut kata Kepala Dinas Perhubungan akan menempuh 8 rute yakni rute Jakarta– Bangkalan- Sampang-Pamekasan- Sumenep 4 bus, Jakarta– Ngawi- Magetan- Madiun- Ponorogo 8 bus, Jakarta– Pacitan 2 bus, Jakarta – Bojonegoro- Tuban – Lamongan – Gresik 4 bus, Jakarta – Kediri- Tuluagung 1 bus, Jakarta –Nganjuk- Kertosono – Jombang 1 bus, Jakarta – Bojokerto – Malang 1 bus, Jakrta- Lumajang –Jember Banyuwangi 2 bus.

Paguyuban Pewarta Jawa Timur menambah satu unit bus, sehingga total semuanya 24 unit bus dengan jumlah penumpang 1.080 orang.

Selain bus untuk mudik gratis, Pemrpv Jatim juga menyediakan 14 unit bus untuk arus balik ke Jakarta pada 28 April 2023 dengan titik pemberangkatan Tulugangung 2 bus, Lamongan 2 bus, Jember 2 bus, Madiun 3 bus, Pamekasan 3 bus dengan total 630 seat.

- Advertisement -

Menara62 TV

- Advertisement -

Terbaru!