32.1 C
Jakarta

Kelas Riset di SMA Muhammadiyah PK Kottabarat Surakarta Hadirkan Mahasiswa UMS

Baca Juga:

 

 

SOLO, MENARA62.COM – Ada pemandangan yang berbeda dalam kegiatan pembelajaran di kelas XII SMA Muhammadiyah Program Khusus Kottabarat Surakarta, Jumat (6/1/2022). Mahasiswa UMS ( Universitas Muhammadiyah Surakarta) hadir di dalam kelas untuk berbagi pengalaman terkait riset yang telah dilakukannya. Rizky Novia, Mahasiswa FKIP program studi PPKn UMS hadir di tengah-tengah kegiatan pembelajaran PPKn kelas XII untuk menjelaskan terkait riset Pengaruh Efikasi Diri dan Sosial Demografi Siswa terhadap Penguasaan Kompetensi Digital.

Dalam pemaparannya, Rizky Novia menjelaskan kata kunci riset yang dilakukannya yakni Efikasi Diri, Sosial Demografi dan Kompetensi Digital kepada siswa. Pada kesempatan itu pula, Rizky Novia memotivasi siswa untuk gemar membaca, baik buku ataupun jurnal-jurnal ilmiah yang bisa di akses di internet. “Dengan menulis artikel di jurnal, kalian akan banyak mendapatkan benefit di antaranya memperoleh kemudahan dalam ujian skripsi,” ujar Rizky. Sharing pengalaman terkait penelitian dimulai dari penyusunan proposal, pencarian data, analisis data sampai pada produk luaran riset seperti artikel, buku dan atau pengabdian masyarakat dikupas oleh Rizky Novia di kelas XII.

Sementara itu, Hendro Susilo selaku salah satu guru di kelas XII mengatakan bahwa kegiatan pembelajaran yang menghadirkan pelaku penelitian langsung kepada siswa merupakan bagian dari komitmen sekolah menumbuhkan karakter ilmiah dan kultur akademik pada siswa. “Siswa kelas XII ini sebelumnya sudah diperkenalkan dengan kegiatan “Review Jurnal Ilmiah”  dan saat ini berdiskusi langsung dengan peneliti terkait proses-proses ilmiah yang akan menghasilkan produk berupa artikel ilmiah,” ujar Hendro. Kegiatan Pembelajaran PPKN di kelas XII dengan tema Pengaruh Kemajuan IPTEK dalam Kehidupan dilakukan dengan kombinasi kegiatan riset tema penguasaan kompetensi digital, dimaksudkan agar memotivasi sekaligus memperdalam pemahaman materi siswa terkait pengaruh IPTEK dalam berbagai bidang kehidupan. (*)

- Advertisement -

Menara62 TV

- Advertisement -

Terbaru!