26.7 C
Jakarta

Kepala Dishub Bali Ingatkan Pentingnya Wawasan Kebangsaan Bagi Generasi Muda

Baca Juga:

 

DENPASAR, MENARA62.COM – Pentingnya upaya peningkatan wawasan kebangsaan bagi generasi muda dengan membangun karakter agar memiliki wawasan dan motivasi yang kuat serta memiliki kepekaan dan kepedulian terhadap masa depan bangsa dan negaranya.

Hal tersebut ditegaskan oleh Kepala Dinas Perhubungan Provinsi Bali, Dr. Ir. IGW  Samsi Gunarta yang juga Pengurus DPP Korps Menwa Indonesia ketika menerima Buku Merangkai Jejak Perjalanan Menwa Ugraçena yang diserahkan oleh Kasmen Korps Menwa Ugraçena Bali, Mumtazah Mardliyah S.Ked di ruang kerjanya.

Ia mengatakan bahwa penanaman karakter dapat dilakukan melalui pembinaan Menwa untuk menghasilkan calon pemimpin di masa depan. Pemberdayaan sumber daya manusia dengan memadukan intelektual yang tinggi disertai dengan ilmu keprajuritan merupakan bekal seseorang untuk jadi pemimpin yang tangguh.

“Proses penggemblengan Menwa mampu mencetak kader yang pantang menyerah, memiliki pribadi kuat, tetap tegak dan tenang dalam menghadapi tantangan, siap berjuang pada saat sulit dan mampu berpikir jernih dalam tekanan,” ungkapnya.

Ia menjelaskan bahwa Korps Menwa merupakan organisasi yang dipercaya sebagai Anak Ideologis dan ditetapkan sebagai  Organisasi Pewaris dan Penerus Nilai – Nilai Juang Tentara Pelajar oleh Persatuan Keluarga Besar Pelajar Pejuang Kemerdekaan (PKBPPK) yang merupakan wadah mantan Tentara Pelajar yang ditandai dengan Penyerahan Dhuaja PKBPPK kepada KORPS MENWA pada 2 Juni 2013 di Tugu Proklamasi Jakarta. “Tentu kita harus bangga dan menjaga nilai yang sudah diwariskan tersebut,” pesannya.

Samsi Gunarta memberikan ruang kepada Korps Menwa Ugraçena untuk mengadakan kegiatan di Kawasan Kantor Dishub Bali. “Silahkan gunakan fasilitas disini untuk kegiatan nuansa kebangsaan dan pembangunan karakter bagi generasi muda,”ungkapnya.

Sementara itu, Kasmen Mumtazah mengatakan bahwa Korps Menwa Ugraçena Bali menaruh perhatian pada upaya peningkatan wawasan kebangsaan melalui Kegiatan Pendidikan Pendahuluan Bela Negara (PPBN). “PPBN yang dilaksanakan secara swadaya sejak tahun 2015 ini telah mencetak 8700 kader bela negara dari tingkat TK hingga SMA/SMK. Kegiatan ini pun telah mendapatkan apresiasi dari Kementrian Dalam Negeri RI melalui Direktorat Bina Ideologi, Karakter, dan Wawasan Kebangsaan,”jelasnya.

Kegiatan ini sudah dilaksanakan di kab/kota se-Bali. Rencana akan dilaksanakan kembali di Kabupaten Gianyar dan Jembrana pada April mendatang. “Kita target bisa mencetak hingga 10.000 kader bela negara hingga bulan Agustus mendatang,” harapnya.

Lebih lanjut ia menjelaskan mengenai penyerahan Buku Merangkai Jejak Perjalanan Menwa Ugraçena, yang mana buku ini menceritakan sepak terjang pengabdian Menwa Ugraçena yang akan memasuki usia ke-59 tahun ini. Buku tersebut telah sampai ke tangan pimpinan di antaranya Kepala Staf TNI Angkatan Darat (Kasad) Jenderal TNI Dudung Abdurachman; Wagub Lemhannas RI (2019-2022), Marsdya TNI (Purn), Wieko Syofyan; Sekretaris Utama Lemhannas RI, Komjen Pol. Drs. Purwadi Arianto, M.Si; Anggota DPD RI, Komjen Pol. (Purn.) Drs. I Made Mangku Pastika, M.M, dan masih banyak lagi.

Mumtazah yang sedang menyelesaikan pendidikan di Fakultas Kedokteran Universitas Udayana ini memohon doa restu dan dukungan segenap pihak dalam persiapan pembuatan Film Pendek berjudul “Panggilan Nurani” dan penggarapan buku edisi kedua yang akan menyajikan eksistensi dan keberhasilan Korps Menwa Ugracena Bali dalam berbagai pengabdiannya diantaranya PPBN dan Vaksinasi selama Pandemi Covid-19. (MM/Gab)

- Advertisement -

Menara62 TV

- Advertisement -

Terbaru!