32.1 C
Jakarta

Mediasi Antara PT Medco Dan Masyarakat Bangun Sari Hasilkan Kata Sepakat

Baca Juga:

MENARA62.COM – PT Medco E&P Indonesia (Medco E&P) Wilayah Lematang Kecamatan Gunung Megang Kabupaten Muara Enim Sumatera Selatan tengah melakukan aktivitas pemeliharaan sumur gas di Blok Lematang, Desa Bangun Sari,Kegiatan dilakukan sesuai standar keselamatan kerja dan kelestarian lingkungan, perusahaan juga telah melakukan pengamanan lokasi serta berkoordinasi dengan aparat keamanan, Camat dan Kepala Desa setempat, sebelum dan selama kegiatan berlangsung,dan terkait adanya suara dan getaran di sekitar lokasi sumur sebagai efek kerusakan dari kegiatan perawatan ini, Perusahaan telah mengantisipasi dengan menurunkan tim teknis untuk memonitor situasi dan berkoordinasi dengan Pemerintah setempat.

“Perusahaan berterima kasih atas dukungan Pemerintah, masyarakat serta pemangku kepentingan lain, sehingga aktivitas perawatan sumur dapat berjalan dengan aman sesuai standar keselamatan kerja dan kelestarian lingkungan dan dapat terus mendukung pemenuhan gas domestik,” ujar VP Relations and Security Medco E&P Arif Rinaldi dalam rilisnya,Kamis (25/08/2022).

Namun ditengah kegiatan perusahaan meningkatkan pemeliharaan tersebut, masyarakat Desa Bangun Sari Kecamatan Gunung Megang Kabupaten Muara Enim Sumatera Selatan yang menamakan dirinya sebagai “Masyarakat Bangun Sari Bersatu” justru menggelar aksi damai di jalan ke arah kantor PT Medco E&P Indonesia (Medco E&P) Wilayah Lematang, Kamis (25/08/2022).

Adapun tuntutan masyarakat dalam aksi tersebut diantaranya meminta kepada pihak perusahaan untuk mengganti rugi rumah warga yang terdampak aktivitas perusahaan, agar melakukan pengecekan kesehatan masyarakat secara berkala, melibatkan masyarakat untuk menjadi tenaga kerja, dana CSR untuk membangun balai desa atau balai adat dusun V Sukamenanti Desa Bangun Sari dan bertanggungjawab terhadap kebun warga yang terdampak banjir/terendam genangan air.

Usai menggelar aksi masyarakat peserta aksi langsung menuju kantor kepala desa bangun sari Kecamatan Gunung Megang Kabupaten Muara Enim guna dilakukan mediasi antara pihak perusahaan dan masyarakat yang melakukan aksi damai tersebut.

Dalam penyampaiannya, ketua Aksi Masyarakat Gunung Megang Bersatu Irwan Saputra mengatakan agar kiranya pihak perusahaan dapat merealisasikan apa tuntutan masyarakat.

Menanggapi tuntutan masyarakat pada aksi tersebut Lead Government Relation PT Medco E&P Lematang Yulianto saat mediasi antara pihak perusahaan dan masyarakat Bangun Sari Bersatu,yang di pasilitas oleh Kepala Desa, di Kantor Desa Bangun Sari Kecamatan Gunung Megang Kabupaten Muara Enim, menyampaikan bahwasanya pihak perusahaan akan segera turun ke lapangan untuk mengecek dan mendata berapa banyak kerugian masyarakat yang terdampak dari aktivitas perusahaan sesuai dengan apa yang telah di utarakan peserta aksi saat gelar aksi damai di jalan ke arah kantor PT Medco E&P Lematang.

“Kita segera akan turunkan Tim untuk menelusuri apa yang menjadi tuntutan masyarakat Bangun Sari Bersatu Kecamatan Gunung Megang Kabupaten Muara Enim tersebut dan setelah mendapatkan data yang akurat maka pihak perusahaan akan segera merealisasikannya.” ujar Yulianto.

Usai mediasi dan menemukan kata sepakat antara perusahaan dan masyarakat langsung bersalaman dan foto bersama lalu membubarkan diri secara teratur.

Adapun yang hadir pada mediasi yang di gelar di kantor kepala desa Banjar Sari tersebut selain dari pihak perusahaan dan perwakilan masyarakat juga hadir Camat Gunung Megang, Danramil Gunung Megang dan Kapolsek Gunung Megang,

- Advertisement -

Menara62 TV

- Advertisement -

Terbaru!