31.3 C
Jakarta

Pemprov Riau Pastikan Rumah Sakit Siaga Hadapi Potensi Lonjakan Pasien Covid-19

Baca Juga:

PEKANBARU, MENARA62.COM – Berbagai upaya terus dilakukan Pemerintah Provinsi Riau dalam menghadapi potensi lonjakan gelombang ketiga Covid-19. Sejumlah rumah sakit umum milik pemerintah daerah dan swasta mulai disiapkan sebagai tempat rujukan perawatan pasien terpapar virus corona.

Untuk memastikannya, Plt. Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Riau, Masrul Kasmy, bersama Juru Bicara Covid-19 Provinsi Riau, dr. Surya Hajar dan Kepala Bidang Pelayanan Kesehatan Dinas Kesehatan Provinsi Riau, dr. Yohanes, melakukan kunjungan ke sejumlah rumah sakit di Kota Pekanbaru. Di antaranya, Rumah Sakit Hermina Pekanbaru, Rumah Sakit Prima Pekanbaru, Rumah Sakit Aulia Hospital, dan RSUD Petala Bumi.

Saat berada di empat rumah sakit tersebut, Masrul Kasmy bersama rombongan memantau satu per satu ruangan yang akan dijadikan tempat perawatan pasien Covid-19. “Saya baru saja melakukan pengecekan tentang kondisi persiapan bagi kesiapan rumah sakit,” kata Masrul Kasmy, usai meninjau Rumah Sakit di Pekanbaru, Jumat (11/02/2022).

Masrul Kasmy juga memastikan kesiapan pihak rumah sakit, terutama terkait pengadaan tenaga kesehatan, alat kesehatan, dan kelengkapan fasilitas penanganan pasien Covid-19.

“Yang tadi kita lihat dari kesiapan tempat tidur kemudian juga peralatan, rawatan di ruangan ICU dan ruangan-ruangan lain,” ungkap Masrul Kasmy.

Masrul Kasmy menyebutkan, berdasarkan data ketersediaan ruang ICU dan Isolasi Rumah Sakit Rujukan Covid-19 Provinsi Riau pertanggal 11 Februari 2022, pukul 11.00 WIB, ada perbedaan laporan yang diterima oleh Dinas Kesehatan Provinsi Riau dengan apa yang ada di lapangan.

“Ini memang beberapa laporan disampaikan ada perselisihan atau berbeda dengan yang kami dapati,” sambungnya.

Masrul Kasmy menambahkan, hal ini dijadikan catatan oleh Dinas Kesehatan Provinsi Riau untuk menegur pihak manajemen rumah sakit untuk melakukan pembenahan.

“Ini mungkin menjadi suatu catatan, agar nantinya pihak rumah sakit agar melakukan pembenahan,” tutupnya

- Advertisement -

Menara62 TV

- Advertisement -

Terbaru!