27.9 C
Jakarta

Rayakan Hari Jadi ke-76, LPP RRI Berkomitmen Jaga Piagam Tri Prasetya RRI

Baca Juga:

JAKARTA, MENARA2.COM –  Lembaga Penyiaran Publik Radio Republik Indonesia (LPP RRI) berkomitmen untuk terus menjaga Piagam Tri Prasetya RRI yang merupakan platform awal berdirinya lembaga RRI. Upaya tersebut antara lain dilakukan dengan cara tetap menjaga fungsi RRI sebagai alat siaran radio sekaligus menjaga konten pemberitaan.

Hal itu disampaikan Pelaksana Tugas (Plt) Direktur Utama LPP RRI Hari Sudaryanto, pada puncak Peringatan Hari Ulang Tahun LPP RRI ke-76, Sabtu (11/9/2021).

“Dalam usianya yang sama dengan usia Negara Republik Indonesia RRI berupaya untuk terus berkomitmen menjaga Piagam Tri Prasetya RRI,” jelas Hari.

Ikut hadir Direktur Program dan Produksi Soleman Yusuf, Kepala RRI Jakarta Endriman Butar Butar, Kepala Pusat Pemberitaan Widhi Kurniawan dan Ketua Panitia Hari Radio Eddy Ivan, S.

Menurutnya di tengah perkembangan zaman dan teknologi yang semakin pesat, RRI harus mampu menjaga falsafah dan consensus nasional serta mengutamakan bangsa dan negara dalam setiap produk penyiarannya. RRI juga harus mampu hadir memberikan solusi atas berbagai persoalan yang dihadapi oleh bangsa, termasuk pada masa pandemi Covid-19 seperti sekarang ini.

Hari menyebut, selama masa pandemi, RRI telah mengembangkan program siarannya misalnya dengan menyempurnakan kegiatan belajar mengajar anak-anak di rumah sekaligus membantu upaya Pemerintah dalam memutus rantai penyebaran COVID-19 melalui School From Home. Program bertajuk “Belajar di Pro2” tersebut merupakan salah satu strategi untuk menjaga emosional guru dan siswanya agar tetap terjalin dengan baik. Dalam program yang sama, para guru sekaligus dapat mengambil kesempatan untuk memberikan pesan dan edukasi pencegahan penularan COVID-19.

Program ini diakui Hari banyak meraih simpati dari para pendengar sebagaimana bahwa radio memiliki titik peran imajinasi yang sangat tinggi dalam memberikan pelayanan publik

Selain menyajikan program Belajar di Pro2, RRI juga mengimprovisasi Pro3 menjadi layanan siaran nasional resmi mengenai COVID-19 secara penuh 100 persen. Bahkan khusus untuk siaran Pro3, layanan khusus siaran COVID-19 juga dipancar-luaskan oleh separuh hari siaran RRI Daerah Pro1 Pro2 dan sepanjang Pro4 serta siaran Voice Of Indonesia.

Luncurkan SPRINT

Dalam era Big Data, pada Bulan Maret 2021 lalu, RRI meluncurkan SPRINT yakni Sistem Pelacak Ragam Informasi News Terkini, yang merupakan produk digital milik Radio Republik Indonesia untuk memberikan insight, analytic dan search terhadap konten dan produk digital RRI.

“Sistem arsitektur Big Data yang dilandasi dengam kekuatan teknologi artificial intelllegence, dapat menggali dan memperoleh insight pada pangkalan data yang selama ini telah dimiliki RRI,” jelas Hari.

Baca juga:

Ia mencontohkan Big Data Analytic pada siaran digital audio streaming RRI, dimana dapat melihat hasil analisa dari RRI seluruh Indonesia, sesuai dengan waktu yang diinginkan penggunanya. “Ini memungkinkan kita dapat melihat berapa banyak siaran RRI didengarkan, berapa rata-rata durasi user mendengarkan streaming sampai dengan peta sebaran pendengar RRI di seluruh dunia,” lanjutnya.

Tidak hanya streaming, teknologi Big Data RRI yang berbasis pada kemampuan artificial intelligence juga digunakan untuk menganalisa  data pengunjung applikasi rri.co.id.

Teknologi RRI SPRINT untuk bisa mengolah data dengan berbagai macam tipe, mulai dari teks, audio, video bahkan infografis. Informasi atau berita yang RRI suguhkan dalam bentuk teks, audio, gambar, video dan dokumen bersifat terkini dan terverifikasi, berasal dari RRI Se-Indonesia dan kontributor RRI di luar negeri. Untuk mengakses RRI Sprint dapat dilakukan dilaman rri.co.id .

Selain terus berinovasi, RRI juga masih menjaga netralitas terhadap segala konflik kepentingan politik atau golongan tertentu. RRI juga terus merekatkan persatuan agar tidak terdistori dari fenomena melemahnya persatuan karena kepentingan politik. RRI tidak boleh larut disitu dengan mengutamakan keselamatan bangsa dan Negara.

Kecerdasan Buatan

Saat ini, ketika orang mulai banyak mencari hampir segala hal, termasuk berita, melalui mesin pencari internet, RRI pun ikut beradaptasi. Beragam inovasi dihadirkan, mulai dari aplikasi ponsel pintar hingga sistem ruang berita berbasis kecerdasan buatan, dalam upaya transformasi bersaing di era digital.

Menurut Kepala LPP RRI Jakarta Enderiman Butar-Butar  RRI terus bergerak cepat mengikuti perkembangan zaman dengan menghadirkan berbagai inovasi, salah satunya aplikasi ponsel pintar RRIplay Go. Melalui aplikasi tersebut, pemirsa RRI dapat mendengar, membaca, sekaligus menyaksikan seluruh produk RRI dalam satu sentuhan jari.

“Ibaratnya kita sebagai swalayan, kita membawa swalayan, di sana ada semua apa yang kita inginkan. Jadi ketika kita membuka RRIplay Go di gawai kita, di sana semua sudah terpampang apa-apa saja layanan RRI,” kata Enderiman pada Jum’at (10/9/2021).

Aplikasi tersebut menghadirkan berbagai program pilihan, seperti National Network (P3), Voice of Indonesia, Channel Lima, RRI Radio, RRI Net ‘Tonton yang Anda Dengar’, RRI Online, RRI Magz, LPPL, dan Editorial.

Penyerahan hadiah untuk para pemenang lomba dalam rangka HUT LPP RRI ke-76

Dengan adanya RRIplay Go, pemirsa setia RRI dapat menikmati layanan dengan pengalaman baru. Selain itu, RRI juga bisa menjaring segmentasi masyarakat dengan lebih luas.

“RRI ada di ujung jari. Sepanjang masih ada internet, kita bisa mengakses RRI di seluruh Indonesia dan bisa menikmati apa-apa saja yang bisa kita nikmati,” kata pria yang juga telah ditetapkan sebagai Anggota Dewan Pengawas LPP RRI terpilih periode 2021-2026 itu.

Lebih lanjut Enderiman mengatakan di usianya yang ke-76 tahun, RRI akan terus berinovasi mengikuti perkembangan teknologi dengan tetap berbasis kepada kepentingan publik.

Ia menilai saat ini perkembangan teknologi telah berkembang pesat, sehingga dibutuhkan terobosan dan inovasi agar tidak tertinggal.

“Ini tidak bisa kita menghindar dan memang ini harus kita hadapi. Ini yang harus kita sikapi, artinya bersaing dalam kemajuan, bersaing dalam pelayanan, bersaing dalam teknologi, bersaing merebut pendengar, dan bersaing dalam pelayanan,” tutupnya.

Kompetisi Swara Kencana

Sebagai tradisi setiap menyongsong hari jadinya, RRI menggelar kompetisi Swara Kencana, sebagai bentuk kompetisi tertinggi di bidang Radio. Swara Kencana sendiri merupakan penghargaan kepada kreativitas dan kepedulian angkasawan RRI dan angkasawan radio swasta serta komunitas. Penghargaan Swara Kencana 2021 diberikan untuk kategori Buletin Berita, Iklan Layanan Masyarakat, Siaran Drama, News Feature.

Perayaan HUT ke-76 RRI tahun ini, juga menghadirkan tradisinya dari tahun ke tahun yaitu menyulutkan Api Obor Tri Prasetya sebagai lambang Api Yang Tak Kunjung Padam. Pembawa obor apinya adalah atlet Eko Yuli Irawan peraih medali perak pada Olimpiade Tokyo 2020. Eko Yuli Irawan, lahir di Kota Metro, Lampung, Indonesia, 24 Juli 1989 adalah atlet angkat besi Indonesia yang memperkuat Jawa Timur di PON Papua.

Adapun Thema Hari Radio ke 76 tahun 2021 adalah Tangguh! Tumbuh Sehat Dan Kuat, Suarakan Indonesia. Kegiatan Puncak Hari Radio yang berlangsung di Auditorium RRI Jakarta, dimeriahkan oleh penampilan penyanyi legendaris Iwan Fals, penyanyi Bulan Sutena, dan Aminoto Kosin.

- Advertisement -

Menara62 TV

- Advertisement -

Terbaru!