35.1 C
Jakarta

Persiapkan Anak Menuju Masa Akil Balig, SD Muhammadiyah PK Kottabarat Hadirkan Orang Tua Sebagai Guru

Baca Juga:

 

SOLO, MENARA62.COM – Sejumlah 139 murid kelas IV dan V SD Muhammadiyah Program Khusus Kottabarat Surakarta mengikuti kegiatan parents day dengan tema “Mempersiapkan Anak Menuju Masa Akil Balig”, Sabtu (7/10/2023).

Kegiatan parents day merupakan program unggulan sekolah yang menghadirkan orang tua sebagai guru di dalam kelas. Kegiatan ini terselenggara berkat kerja sama yang apik antara komite tiap kelas dengan pihak sekolah.

Adniana Nareswari, wali murid kelas IV sekaligus narasumber kegiatan parents day, mengungkapkan kegiatan ini sangat penting disosialisasikan untuk memberikan pengetahuan terkait masa akil balig atau pubertas yang akan dihadapi para murid. “Sedini mungkin, murid dikenalkan tanda-tanda pubertas bagi anak laki-laki dan perempuan supaya mereka tidak kaget ketika mengalaminya dan segera dapat menanganinya sesuai langkah-langkah yang dianjurkan. Kesiapan mental inilah yang perlu kita edukasi kepada para murid,” ungkapnya.

Tak kalah menariknya, kegiatan parents day kelas V menghadirkan narasumber Deddy Suryawan dari Pusat Pembelajaran Keluarga (Puspaga) DP3AP2KB Kota Surakarta dan Alamanda Murasita selaku wali murid kelas V.

Kegiatan parents day diawali dengan murajaah dan doa bersama, dilanjutkan dengan pembagian kelompok laki-laki dan perempuan. Masing-masing kelompok akan mendapatkan edukasi tentang pubertas meliputi fase beserta ciri-cirinya.

Tak hanya sekedar teori, kelompok perempuan juga mempraktikkan secara langsung cara memakai pembalut yang benar serta tips membungkus pembalut yang sudah terpakai.

Ratri Ainur Rohmah, selaku ketua komite kelas V, menyampaikan beberapa murid kelas IV dan V sudah ada yang mengalami siklus menstruasi. Tepat rasanya tema parents day kali ini diberikan. “Murid tak perlu lagi merasa malu jika mengalami siklus menstruasi. Semua pihak tentunya harus bekerja sama memahamkan murid tentang pentingnya masa pubertas,” terangnya.

Kegiatan penutup diisi dengan sesi tanya jawab. Para murid terlihat antusias bertanya kepada narasumber yang dihadirkan. Murid yang aktif dalam berdiskusi akan mendapatkan doorprize yang telah disediakan komite masing-masing kelas.

Arsyadana, selaku koordinator guru kelas V, menyampaikan selain untuk memperkenalkan anak terhadap fitrahnya, kegiatan parenting ini juga mengarahkan anak agar dapat mengemban syariat tepat pada usia seharusnya.

Salah satu murid kelas IV, Pinasthika Putri Gantari, merasa senang dan tertarik mengikuti kegiatan parenting kali ini. “Ternyata, setiap anak akan melewati masa pubertas. Masa pubertas ini dapat memengaruhi keadaan fisik dan sikap seseorang. Dengan kegiatan ini, aku menjadi tahu cara menghadapi masa pubertas di masa mendatang,” ungkapnya. (*)

 

- Advertisement -

Menara62 TV

- Advertisement -

Terbaru!