29.3 C
Jakarta

Prodi Arsitektur Unkris Kembali Hadir dalam Ajang Bergengsi IBT Expo 2022 di ICE BSD

Baca Juga:

TANGERANG SELATAN, MENARA62.COM – Himpunan Mahasiswa Arsitektur Universitas Krisnadwipayana (Himayana-Unkris) ambil bagian dalam event Pameran Internasional Indo Build Tech (IBT) 2022 yang berlangsung di Indonesia Convention Exhibition (ICE) BSD, Tangerang Selatan. Event yang digelar selama 6 hari yakni 22-27 Maret 2022 tersebut melibatkan lebih dari 100 exhibitor baik dari kalangan industri jasa konstruksi, perusahaan material dan bahan bangunan, organisasi profesi, kalangan akademisi, konsultan, maupun masyarakat umum.

IBT Expo merupakan pameran bertaraf internasional yang menawarkan solusi dan inovasi teknologi terkini tentang aneka ragam produk material bangunan dan interior yang dibutuhkan oleh konsumen individual, professional, maupun para pelaku usaha jasa konstruksi. Pameran IBT rutin digelar setiap tahun dan ini merupakan tahun ke-20.

Dalam keterangan persnya, Rektor Unkris Dr Ir Ayub Muktiono menyampaikan kebanggaannya bahwa mahasiswa arsitektur Fakultas Teknik Unkris mendapat kepercayaan untuk ikut dalam IBT Expo setiap tahunnya termasuk IBT Expo 2022. “Suatu kebanggaan bagi kami bahwa program studi Arsitektur FT Unkris setiap tahun dipercaya mengikuti pameran IBT Expo termasuk tahun ini. Bagi kami ini menjadi bukti bahwa mahasiswa arsitektur FT Unkris mendapatkan panggung istimewa yang disejajarkan dengan konsultan nasional,” kata Rektor.

Menurut Rektor, keterlibatan mahasiswa dan juga para dosen Arsitektur Unkris dalam IBT Expo memiliki peran yang sangat strategis. Selain menyangkut kepercayaan dari penyelenggara, IBT Expo juga sangat bermanfaat untuk mendukung kegiatan perkuliahan mahasiswa arsitektur Unkris.

“Terlibat dalam IBT Expo berarti memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk mengimplementasikan ilmunya di dunia nyata,” kata Rektor, Kamis (24/3/2022).

Ajang IBT Expo lanjut Rektor juga melatih mahasiswa untuk dapat bekerja dalam satu tim dan bertanggungjawab atas pekerjaannya, menambah jaringan dan wawasan mahasiswa tentang dunia kerja yang akan dihadapi, serta membantu mengasah daya kreativitas dan inovasi mahasiswa.

Dan bagi Unkris sendiri, terlibat dalam IBT Expo menjadi bagian dari sumbangsih Unkris terhadap dunia keilmuan arsitektur yang sangat dinamis. Ini sekaligus juga menjadi bukti pengakuan, keseriusan dan eksistensi Unkris dalam dunia pendidikan khususnya bidang arsitektur.

“Oleh karenanya saya menyampaikan penghargaan dan terimakasih kepada Himpunan Mahasiswa Arsitektur UNKRIS, juga para dosen pendampingnya,” tukas Rektor.

Senada dengan Rektor, Ketua Prodi Arsitektur FT Unkris Astria Melanira, ST MSi menjelaskan bahwa ikut dalam IBT Expo memberikan banyak keuntungan kepada mahasiswa. “Benefit buat mahasiswa arsitektur adalah menerima tantangan besar dengan mengasah kepercayaan diri, memcoba mengukur sampai dimana daya kekuatan saing kita dalam skala nasional,” jelasnya.

Himayana Unkris pernah memenangkan beberapa lomba disain di Jakarta dan Kota Bekasi yang diselenggarakan Ikatan Arsitek Indonesia (IAI). “Hal inilah yang mendorong penyelenggara IBT Expo mensejajarkan Himayana Unkris dengan konsultan nasional lainnya,” tukas Kaprodi.

Sementara itu, Ketua Pelaksana Unkris IBT Expo 2022, Kevin Fazriel mengatakan mengikuti IBT Expo merupakan salah satu program kerja Himpunan Mahasiswa Arsitektur Unkris sejak tahun 2008, sehingga hampir setiap tahun selalu berpartisipasi dalam IBT Expo.

“Tahun ini kami mendapatkan 2 booth yang berbeda. Booth pertama yang berukuran 3×3 kami memamerkan beberapa karya mahasiswa dan maket tugas akhir dari angkatan terbaru (2017). Dan pada boot kedua yang berukuran 4×6 kami memamerkan beberapa karya trimatra dari mahasiswa angkatan 2017 dan 2018,” jelas Kevin.

Uniknya area booth kedua ini, Himayana Unkris berada di lingkungan biro-biro arsitektur ternama dan hanya Unkris satu-satunya booth yang berasal dari kalangan pendidikan tinggi. “Maka dari itu booth kami juga harus menyesuaikan dengan booth yang ada di sekitar kita,” tambahnya.

Mengusung konsep alamiah dan modern, desain kedua booth merupakan hasil diskusi bersama yang juga melibatkan Kaprodi arsitektur.

Indo Build Tech Expo 2022 menjadi event yang penting di tengah upaya Indonesia bangkit dari keterpurukan akibat pandemi Covid-19. Pameran ini sekaligus menjadi pelopor kebangkitan bisnis dan industri material bangunan dan interior yang terbangun melalui interaksi langsung antara pebisnis dengan pengunjung pameran.

IBT Expo 2022 mengangkat tema besar “Reinforcing the Bond of Nation”. Pameran ini secara komprehensif menghadirkan interkoneksi sektor building material dan interior dengan sektor industri jasa konstruksi dan arsitektur, yang secara keseluruhan mendukung sukses pembangunan infrastruktur penghubung seluruh wilayah Indonesia. Berbeda dari IBT Expo tahun-tahun sebelumnya, maka pada IBT Expo 2022 ditampilkan interkoneksi dunia arsitektur dengan kemajuan sektor konstruksi secara visual 3-dimensi melalui kegiatan “National Architecture Installation Festival” (NAIFEST) dan “IndoBuildTech Creative Architecture Student Exhibition” (INCASE) yang berjalan paralel dengan kegiatan  pameran dan program bisnis.

Pameran instalasi inspiratif NAIFEST dan INCASE tersebut merupakan hasil kolaborasi jasa konstruksi, biro atau konsultan arsitek, mahasiswa dan juga brand-brand material bangunan dan interior.

Penyelenggaraan IBT Expo 2022 didukung penuh Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Kementerian Perdagangan, Lembaga Pengembangan Jasa Konstruksi, mitra-mitra asosiasi profesi dan bisnis seperti Ikatan Arsitek Indonesia (IAI), Himpunan Desainer Interior Indonesia (HDII), Ikatan Ahli Rancang Kota Indonesia (IARKI), Asosiasi Perusahaan Pracetak dan Prategang Indonesia (AP3I), Ikatan Quantity Surveyor Indonesia (IQSI), Asosiasi Pengusaha TIK Nasional (APTIKNAS), Green Building Council Indonesia (GBCI), Ikatan Arsitek Lansekap Indonesia (IALI), Ikatan Nasional Tenaga Ahli Konsultan Indonesia (INTAKINDO) dan Ikatan Ahli Bangunan Hijau Indonesia (IABHI).

- Advertisement -

Menara62 TV

- Advertisement -

Terbaru!