32.9 C
Jakarta

Prodi Kesehatan Masyarakat UMS Saat Ini Sedang Dalam Proses Akreditasi dan Banyak Aspek Yang Telah Diperbaiki

Baca Juga:

 

SOLO, MENARA62.COM – Program Studi (Prodi) Kesehatan Masyarakat (Kesmas) Fakultas Ilmu Kesehatan (FIK) Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) sedang dalam proses akreditasi dari Lembaga Akreditasi Mandiri Perguruan Tinggi Kesehatan (LAM-PTKes) yang dilaksanakan di Ruang Seminar Lt. 7 Gedung Induk Siti Walidah (GISW). Kegiatan tersebut dilaksanakan selama 3 hari, dari Senin – Rabu, 10 – 12 Juni 2024.

Pada hari pertama, dimulai dengan pembukaan yang disambut oleh Wakil Rektor I UMS, Prof. Dr. Drs. Harun Joko Prayitno, S.E., M.Hum., kemudian dipaparkan laporan evaluasi diri dan dokumen kinerja Prodi. Setelah itu, Tim Asesor LAM-PTKes, Dr. Nur Alam Fajar, M.Kes., M.Psic., AIFO., dan Dr. Kholis Ernawati, S.Si., M.Kes., melihat sarana dan prasarana yang sudah dikembangkan baik Perpustakaan, Smart Class, kegiatan pembelajaran di kelas, serta Laboratorium.

Pada hari ke dua, kegiatan yang dilakukan oleh asesor yaitu wawancara dengan stakeholder, meliputi Alumni Kesmas UMS, Mitra kerjasama praktek mahasiswa, Dosen, dan Tenaga Pendidik, untuk memastikan data yang dilaporkan dalam borang sesuai dengan paparan yang disampaikan.

Kemudian pada hari terakhir, asesor menyampaikan berita acara apa saja yang sudah dilihat dan dikonfirmasi dari laporan evaluasi diri, kemudian dari hasil tersebut dibuat berita acara. Itu adalah tahap menentukan nilai dari hasil asesmen dengan hasil konfirmasi.

Seperti yang disampaikan oleh Kaprodi Kesehatan Masyarakat UMS, Dr. Yuli Kusumawati, SKM., M.Kes., yang mengungkapkan bahwa dalam menyambut akreditasi tersebut dia bersama dengan timnya sudah mempersiapkan sejak semester sebelumnya.

“Kami meningkatkan semua aspek, baik pembelajaran, fasilitas, kegiatan Tri Dharma Perguruan Tinggi, yang mengacu pada visi universitas dan fakultas yang berorientasi global, sehingga ada kerjasama internasional, rekognisi dengan universitas luar negeri,” kata Yuli, Selasa (11/6/2024).

Alhamdulillah, lanjut dia, tahun ini kita mendapatkan banyak hibah penelitian dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) dengan harapan mendapatkan akreditasi Unggul seperti pada prodi lain yang ada di UMS.

Yuli juga menyampaikan inti dari sambutan yang disampaikan oleh Wakil Rektor I UMS, Harun menyampaikan bahwa Tim Asesor yang ditugaskan saat ini adalah Asesor yang sama dengan akreditasi sebelumnya.

“Setelah akreditasi sebelumnya yang dilaksanakan pada 2019, FIK UMS sudah mengalami banyak peningkatan,” ungkap Harun, yang disampaikan oleh Yuli.

Dalam kesempatan yang sama, Wakil Dekan III FIK UMS, Noor Alis Setiyadi, S.KM., M.K.M, Ph.D., mengungkapkan bahwa dalam menyambut akreditasi tersebut, FIK telah meningkatkan berbagai aspek.

“Laboratorium kami sudah lengkap yaitu 9 Laboratorium, prestasi mahasiswa kami juga banyak yang menang di tingkat internasional, kurikulum kita sudah mengadopsi kurikulum nasional dari Asosiasi Pendidikan Kesmas Indonesia,” papar Wakil Dekan III FIK UMS itu.

Harapan kami, lanjutnya, mendapatkan predikat Unggul dan mempertahankan predikat tersebut dan senantiasa meningkatkan kualitas yang terkait dengan pembelajaran.

Selaku Alumni Prodi Kesmas UMS, Siti Damayanti menyampaikan, pada saat wawancara dengan asesor, Nur Alam lebih tertarik dengan dirinya karena saat ini dia bekerja sebagai Asisten Peneliti di Universitas Gajah Mada (UGM).

“Bapak Nur Alam tadi sampai di tahap menyuruh saya untuk mencatat nomornya, kita akan berkelanjutan untuk projek bersama,” ungkap Siti.

Fedora Sekar Berlianannisa yang juga alumni Kesmas UMS, menyampaikan bahwa mata kuliah yang dipelajari saat kuliah di UMS sudah sesuai dengan pekerjaan yang ia jalani.

“Saya juga mempraktekan mata kuliah di pekerjaan saya,” kata Fedora. (*)

- Advertisement -

Menara62 TV

- Advertisement -

Terbaru!