27.3 C
Jakarta

Program Studi Pendidikan Biologi Uhamka Gelar Biofair 2024

Baca Juga:

MENARA62.COMJAKARTA-Pendidikan Biologi Uhamka baru saja menyelesaikan rangkaian kegiatan Biofair UHAMKA sesi Mini Course Laboratory, kultivasi alga pada 21 Februari, kemudian Mitosis dan Microcam 28 Februari 2024 bertempat di Laboratorium Pendidikan Biologi FKIP Uhamka yang mempunyai fasilitas penunjang kegiatan tersebut. Terakhir olimpiade tingkat nasional biologi pada Kamis, 29 Februari lalu secara online melalui Online Learning UHAMKA (OLU). Kegiatan ini diikuti oleh siswa/siswi SMA se-derajat dari berbagai daerah di Indonesia.

Kegiatan kultivasi mikroalga dimotori oleh kandidat doctor dari Jerman Andri Hutari, M.Si., dan Mitosis SERTA Microcam dipandu oleh Yuni Astuti, M.Pd., kandidat doctor dari Universitas Indonesia. Keduanya merupakan dosen Pendidikan Biologi FKIP Uhamka.

Mini course laboratory ini dilakukan dengan harapan dapat menambah wawasan guru-guru yang ada di Jabodetabek dan sekitarnya, menambah jejaring, diskusi dan bertukar informasi. Pada sesi pertama mini course, yaitu kultivasi mikroalga dimulai dengan disampaikannya bagaimana cara mendapatkan mikroalga tersebut, bagaimana meng-kultivasi dan memanfaatkannya disampaikan oleh Andri Hutari. “mikroalga ini mempunyai peranan penting diperairan laut, selain itu juga mengandung omega tinggi yang bermanfaat bagi kehidupan” jelas Andri.

Sementara mini course kedua yaitu Mitosis dan Microcam banyak peserta yang takjub setelah melihat apa yang tidak terlihat dengan “mata telanjang”. “iiiihh banyak kutunya ternyata ya” Ujar Budi Rahayu, M.Pd. Guru SMAN 61 Jakarta yang melihat bulu ayam dengan microcam.

“Luar biasa, benar-benar merefresh dan menambah pengetahuan saya setelah mengikuti kedua pelatihan yang diadakan oleh pendidikan biologi uhamka.”

Hal ini diungkapkan oleh Wiwi Supartini, S.Pd., salah satu peserta pelatihan yang berasal dari SMAN 1 Tenjo.
Selanjutnya olimpiade Biologi melatih siswa/siswi untuk menghadapi ujian nasional, khususnya pada mata pelajaran biologi. Terdapat 100 soal yang harus diselesaikan oleh peserta melalui Online learning Uhamka, platform yang dimiliki Uhamka untuk mendukung proses pembelajaran. Sebelum pelaksaan dimulai, peserta, guru pendamping, dosen program studi Pendidikan Biologi Uhamka serta pimpinan FKIP Uhamka hadir dalam ruang zoom meeting untuk mengikuti pembukaan.

“Saya sangat mengaprsiasi prodi biologi dan seluruh peserta yang mengikuti olimpiade biologi uhamka ini, selamat ber-olimpiade, yakin pada diri sendiri dan semoga sukses” Ujar dekan FKIP Uhamka, Purnama Syae Purrohman, M.Pd., Ph.D.

Tiga juara teratas pada olimpiade akan mendapatkan hadiah berupa logam mulia, satu unit Tablet, dan S-watch. Peringkat terbaik memperoleh voucher uang elektronik senilai 50ribu rupiah. Untuk peserta Mini Course Laboratory diminta membuat desimenasi berupa pembuatan video selama course, pesan dan kesan setelah mengikuti kegiatan. Pembauat video terbaik akan mendapatkan satu unit microcam. Siapa pemenangnya? Pengumuman pemenang pada 4 Maret. Cek di IG Biohamka yah

- Advertisement -

Menara62 TV

- Advertisement -

Terbaru!