26.7 C
Jakarta

Siswa SD Muhammadiyah PK Belajar Anatomi Hewan Di UGM

Baca Juga:

YOGYAKARTA, MENARA62.COM–Sebanyak 90 siswa kelas 1 SD Muhammadiyah Program Khusus Kottabarat Surakarta mengikuti kegiatan field trip di Departemen Anatomi Fakultas Kedokteran Hewan Universitas Gajah Mada (UGM) Yogyakarta, Kamis (23/3/2017).

Field trip diisi dengan berbagai kegiatan, diantaranya adalah kegiatan pengamatan jaringan organ pencernaan pada hewan melalui mikroskop, pengamatan perkembanganbiakan pada hewan, serta pengamatan langsung awetan tulang belulang hewan yang ada di rumah sakit hewan di Fakultas Kedokteran Hewan UGM.
Dipilihnya Fakultas Kedokteran Hewan UGM karena para siswa bisa belajar sesuai dengan tema, yaitu mengenal berbagai macam makhluk hidup dan benda tak hidup yang ada di sekitar lingkungan. Makhluk hidup dapat dijumpai di kebun Fakultas Kedokteran yang memiliki banyak koleksi hewan peliharaan. Kemudian untuk pengamatan benda mati dapat dijumpai pada ruang laboratorium histologi awetan hewan.

Siswa diajak untuk mengamati langsung hewan-hewan ternak di kandang yang selama ini menjadi media penelitian bagi para dosen dan mahasiswa di Fakultas Kedokteran Hewan UGM. Siswa mengerjakan lembar kerja mengenai ciri-ciri perkembangbiakan pada hewan-hewan yang sedang diamati. Selain itu, para siswa juga diajak mengunjungi laboratorium histologi awetan hewan dan mengamati jaringan-jaringan pada organ pencernaan hewan melalui mikroskop.

Salah satu guru kelas 1, Titik Mindarti mengungkapkan bahwa tujuan field trip kali ini adalah untuk mengenalkan sejak dini kepada para siswa bahwa makhluk hidup memiliki sel-sel yang sangat kecil di dalam tubuhnya. Salah satu bentuknya dapat kita lihat melalui alat yang bernama mikroskop. “Kami mengenalkan kepada para siswa tentang betapa rumitnya jaringan anatomi hewan. Harapannya bisa menumbuhkan kecintaan terhadap ilmu pengetahuan dan meningkatkan rasa syukur kepada Allah SWT”, ungkapnya.
Amira Hasna, siswa kelas 1 A mengaku sangat senang mengikuti kegiatan ini. “Aku tadi belajar menggunakan mikroskop dan mendengarkan detak nadi kucing,”katanya. Siswa lainnya, Raffi Muhammad Azka mengungkapkan kekagumannya dengan awetan hewan yang sempat ia saksikan.”Awetan tulang hewannya banyak sekali. Aku besok ingin sekolah (kuliah-red) di sini”,katanya dengan polos.

Kegiatan field trip ini merupakan agenda yang dilaksanakan setiap semester sekali oleh sekolah. Untuk tempat dan tujuan kegiatan akan disesuaikan dengan tema yang dipelajari tiap kelas. Kegiatan ini sekaligus sebagai sarana belajar di luar kelas sehingga para siswa mengalami langsung materi pembelajaran yang didapatkan di dalam kelas, ungkap M Arifin Humas SD Muhammadiyah PK Kottabarat

- Advertisement -

Menara62 TV

- Advertisement -

Terbaru!