28 C
Jakarta

Tujuh Siswa SD Muhammadiyah PK Lolos Olimpiade Matematika di Thailand

Baca Juga:

SOLO, MENARA62.COM — Sebanyak tujuh siswa SD Muhammadiyah Program Khusus Kottabarat Solo, meraih kejuaraan dalam babak Heat Round Indonesia di ajang Thailand International Mathematical Olympiad. Kegiatan ini diselenggarakan di SD Kanisius Keprabon 02 Solo, Sabtu (8/12/2017).

Peserta yang lolos babak Heat Round Indonesia akan diundang dalam Awarding Ceremony pada hari Sabtu, 13 Januari 2018 di Jakarta. Kegiatan tersebut rencananya akan dihadiri Mr Andy Lam, founder and chairperson of TIMO. Selain itu mereka juga berhak masuk ke babak final round yang akan diselenggarakan pada hari Selasa – Kamis, 20 – 22 Februari 2018 di Bangkok, Thailand.

Mikayla Martana Hadi, salah satu peraih gold award dalam olimpiade tersebut mengaku senang dengan hasil yang diraih. Ia tertantang mengikuti olimpiade Matematika karena terinspirasi kakaknya yang juga pernah mengikuti lomba sampai tingkat nasional.

“Saya sangat senang dengan Matematika dan selalu merasa tertantang untuk menyelesaikan model soal-soal olimpiade,” ungkapnya.

“Keluarga saya juga sangat mendukung, terutama kakak saya yang selalu memberikan contoh-contoh latihan soal dan mengajari kalau ada soal yang saya tidak bisa mengerjakan,” ujar┬áMikayla Martana Hadi.

Menurut Mikayla Martana Had, tantangan terbesar olimpiade ini adalah pesertanya dari seluruh Indonesia, meskipun pelaksanaannya di sekita kota tempat tinggal masing-masing. Selain itu, soal yang menggunakan dwi bahasa, yaitu Indonesia dan Inggris juga membutuhkan konsentrasi yang tinggi.

Yuli Ekowati, koordinator bidang lomba SD Muhammadiyah PK Kottabarat merasa bangga dengan hasil yang diraih di ajang TIMO ini. Ia menjelaskan bahwa babak Heat Round Indonesia ini dirangking dari semua peserta di seluruh Indonesia.

“Tentunya kami sangat bangga dengan hasil yang diraih. Harapannya besok saat final di Bangkok bisa optimal dan membawa nama baik Indonesia,” ungkap Yuli.

TIMO merupakan olimpiade Matematika yang sifatnya terbuka untuk semua siswa di level SD/MI, SMP/MTs, dan SMA/SMK/MA. Soal-soal dalam olimpiade ini dengan muatan materi logical thinking, arithmatic or algebra, number theory, geometry and combinatorics. Setiap peserta akan mendapatkan laporan hasil lombanya sehingga akan diketahui kelebihan dan kelemahan tiap individu untuk pengembangan di masa mendatang.

Daftar siswa SD Muhammadiyah PK Kottabarat yang lolos babak Final Round dalam ajang Thailand Internasional Mathematical Olympiad (TIMO) 2017-2018 Heat Round Indonesia:
Primary 5:
Livia Khoirina Izzati (Bronze Award).
Primary 4:
Mikayla Martana Hadi (Gold Award), Mufliha Syifaa Husna (Silver Award).
Primary 3:
‘Aisyah Syafira Putri Wibawa (Bronze Award), Muh. Zidane Ramadhan Hakim (Bronze Award).
Primary 2:
Grendi Maulana Wicaksono (Bronze Award), Amira Hasna Ramadhani Rahayu (Bronze Award).

- Advertisement -

Menara62 TV

- Advertisement -

Terbaru!