23.9 C
Jakarta

Tunjang Kreativitas, Siswa SDMP Praktik Membuat Termometer Sederhana

Baca Juga:

 

SUKOHARJO, MENARA62.COM – Dalam rangka menunjukkan kreativitas dalam pembelajaran tematik dengan tema kalor dan perpindahannya, peserta didik kelas V B SD Muhammadiyah Palur (SDMP) dengan dibimbing guru kelas Nur Fatimah, S.Pd melaksanakan praktik pembuatan termometer sederhana, Kamis (12/01/23) di ruang kelas V B.

Sebelum pelaksanaan praktik, Fatimah menyampaikan, termometer berfungsi sebagai pengukur suhu/temperatur perubahan suhu, adapun prinsipnya bermacam-macam namun yang paling umum digunakan adalah termometer air raksa. “Tujuan praktik ini agar anak-anak mengetahui cara kerja termometer sebagai alat pengukur suhu,”ujarnya.

“Dengan adanya praktik membuat termometer anak-anak jadi lebih paham cara kerja termometer, walaupun termometer yang digunakan lebih simpel dan menarik. Juga bisa sebagai refresing tidak melulu membaca buku dan mendengarkan guru menerangkan,” imbuhnya.

Fatimah sapaan akrabnya menambahkan, seluruh anak-anak diminta membawa botol bening, sedotan bening, plastisin, pewarna pakaian dan membawa air mendidih yang sudah dimasukan kedalam tremos. Selanjutnya cara pembuatannya adalah menyediakan 2 plastisin, lalu pipihkan. Tuangkan sedikit pewarna merah dan alkohol kedalam botol kaca, kira kira 1/3 botol. Masukkan sedotan ke dalam botol dan tutup rapat ujung leher botol dengan platisin yang sudah dipipihkan sehingga tidak ada udara yang bisa masuk ke dalam botol. Tuangkan air panas dalam mangkuk/ wadah, masukkan botol yang berisi alkohol ke dalam air panas, lihat apa yang terjadi dengan alkohol ketika di dalam air panas. Pindahkan botol di luar wadah air panas kemudian amati lagi apa yang terjadi dengan alkohol tersebut.

“Mudah-mudahan dapat menunjang kreativitas anak-anak, juga dapat memicu semangat serta ketertarikan siswa dalam menerima mengikuti pembelajaran,” harapnya.

Salah satu siswa kelas Khanza Hana Humaira mengaku senang dan bersemangat dapat mengikuti praktek pembuatan termometer sederhana tersebut. “Praktiknya seru dan asik. Jadi lebih tau cara kerjanya termometer yang lebih simpel dan mudah. Alkoholnya kalau terkena air panas jadi naik, kalo terkena dingin alkoholnya turun,”ujarnya.

“Kami sangat senang dan bersemangat mengikuti praktik pembelajaran membuat pengukur suhu. Sekarang kami dapat memahami cara kerja termometer sebagai pengukur suhu,” tambahnya.

- Advertisement -

Menara62 TV

- Advertisement -

Terbaru!