32.1 C
Jakarta

UAD Perkuat Kapasitas Kepemimpinan dan Manajemen di UGR Spanyol

Baca Juga:

YOGYAKARTA, MENARA62.COM — Kerja sama internasional Universitas Ahmad Dahlan (UAD) Yogyakarta dengan perguruan tinggi di Spanyol semakin terbuka luas. Delegasi UAD yang berkunjung ke Spanyol bulan September 2022, telah menjalin beberapa kerjasama dengan University of Granada (UGR) dan ada inisiasi kerja sama lainnya.

Dijelaskan Ida Puspita MA Res, Kepala Bidang Kerja Sama Luar Negeri, UAD beserta enam universitas Indonesia, dan tiga universitas di Inggris dan Eropa sebagai peraih hibah internasional Penguatan Kepemimpinan dan Manajemen Perguruan Tinggi dari Erasmus+ (Erasmus+) mengikuti pelatihan Kepemimpinan dan Manajemen Perguruan Tinggi. Pelatihan tersebutg diselenggarakan Erasmus+ di Universitas Granada, Senin-Jumat (26-30/9/2022).

Kegiatan ini juga dihadiri delegasi dari Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Riset dan Teknologi, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek) Republik Indonesia. Sebab project Indonesia Higher Education Leader (iHiLead) merupakan struktural projek pertama Erasmus+ di Indonesia dalam bidang Capacity Building of Higher Education yang melibatkan Kementerian sebagai salah satu mitra aktifnya atau sebagai penerima hibah.

“Selama satu minggu, perwakilan dari perguruan tinggi Indonesia yang terdiri dari para pimpinan universitas mendapatkan pembekalan dari narasumber yang kompeten terkait kepemimpinan dan manajemen perguruan tinggi,” kata Ida Puspita yang juga koordinator iHiLead UAD.

Sementara para trainee dari perguruan tinggi Indonesia dapat melihat secara langsung manajerial perguruan tinggi kelas dunia dari universitas-universitas anggota konsorsium. Program pelatihan ini adalah salah satu program rutin dari semua tim yang mendapatkan hibah Erasmus+ iHiLead dan akan dilaksanakan secara bergilir di setiap universitas anggota. Rangkaian kegiatan juga meliputi pembahasan dengan delegasi Kemendikbudristek.

Kegiatan ini secara resmi dibuka Irene Pedreira Romero (Direktur Proyek dan Perjanjian Internasional, sekaligus perwakilan Rektor Universitas Granada) dan Tjitjik Srie Tjahjandarie (Plt Sekretaris Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Riset dan Teknologi, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi Republik Indonesia). Selanjutnya, penjelasan tentang program Erasmus+ iHiLead dan kegiatan training bersama David Dawson (Koordinator Utama Proyek Universitas Gloucestershire, Inggris).

UAD langsung diwakili H Ahmad Muttaqin, SAg, MAg, MA, PhD (Badan Pengurus Harian/BPH), Dr Muchlas, MT (Rektor), Dr Norma Sari, SH, MHum (Wakil Rektor Bidang Sumber Daya Manusia), Ida Puspita MA Res, Dr Farid Setiawan SPd, MPdI (Wakil Ketua Biro Sumber Daya Manusia), dan Choirul Fajri SIKom MA (Kepala Biro Kemahasiswaan dan Alumni) sebagai peserta/trainee pelatihan, dan Afit Istiandaru SPd, MPd selaku fasilitator iHilead UAD.

Ditambahkan Ida Puspita, selain mengikuti workshop iHiLead, sebagian delegasi pimpinan UAD juga melakukan pertemuan dengan jajaran pimpinan University of Granada (UGR) untuk membahas rencana kerja sama ke depannya. Hasil diskusi kerja samanya di antaranya, akan ada penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) Universitas to Universitas antara UAD dan UGR.

Selain itu, kata Ida Puspita, lolosnya proposal Erasmus+ International Credit Mobility antara UAD dan UGR sehingga ini menjadi project kedua Erasmus+ UAD dengan UGR. Juga akan ada kerja sama Andalusia Corner antara UAD dan UGR karena UAD memiliki Andalusia Corner.

Bentuk kerja sama dengan Andalusia Corner UAD di antaranya pertukaran teks, buku dan manuskrip tentang Andalusia ke UAD, pameran Pendidikan Andalusia di UAD, diskusi akademik tentang Andalusia antara UAD dan UGR, dan lain-lain. Ida Puspita menambahkan kerja sama yang telah dibangun antara UGR dan UAD selama ini adalah project Erasmus+ iHilead. Selain itu, lolosnya satu mahasiswa UAD dari Prodi Pendidikan Bahasa Inggris dalam beasiswa IISMA (Indonesian International Student Mobility Awards) di University of Granada selama satu semester, dan kuliah umum dari UGR di Fakultas Ekonomi dan Bisnis UAD.

Rektor UAD, Muchlas mengatakan Program iHiLead merupakan project ketiga Erasmus+ yang diterima UAD. Ini menunjukkan adanya peningkatan kepercayaan internasional terhadap UAD dalam menjalankan hibah-hibah berskala internasional yang telah diterima UAD sejak tahun 2017 dengan dua hibah Erasmus dan DAAD Jerman sebelumnya.

Selain itu, ada dua hibah Erasmus International Credit Transfer yang juga baru diterima UAD di tahun 2022 dengan mitra UAD di Institute of Porto Portugal dan University of Granada Spanyol. “Semoga semua hibah internasional ini dapat memberikan banyak manfaat tidak hanya bagi UAD tapi juga bagi masyarakat pada umumnya,” kata Muchlas. (*)

- Advertisement -

Menara62 TV

- Advertisement -

Terbaru!