31.9 C
Jakarta

UM Kupang Berinovasi Program Tematik Terintegrasi

Baca Juga:

Penulis : Uslan.Ph.D

MENARA62.COM-Penerapan inovasi program tematik terintegrasi di Desa Oebesi oleh Universitas Muhammadiyah Kupang dapat melibatkan berbagai bidang pembangunan dan memberikan dampak positif yang holistik pada masyarakat desa. Melalui Pengembangan program pendidikan yang mencakup aspek-aspek seperti peningkatan kualitas guru, fasilitas pendidikan, dan akses pendidikan untuk anak-anak di Desa Oebesi.

Sedangkan Implementasi program kesehatan masyarakat, termasuk penyuluhan kesehatan, layanan kesehatan masyarakat, dan kampanye imunisasi.

Peningkatan aksesibilitas dan ketersediaan fasilitas kesehatan di desa. Pengembangan Desa Melalui Program Tematik Terintegrasi Di Desa Oebesi Kecamatan Amarasi Timur Kabupaten Kupang Nusa tenggara Timur
Lebih lanjut Pemberdayaan ekonomi masyarakat dengan mengembangkan usaha mikro dan kecil dengan cara Pelatihan kewirausahaan dan manajemen usaha untuk meningkatkan potensi ekonomi masyarakat.

Cinta Lingkungan Hijau

Program pelestarian lingkungan, termasuk kegiatan penanaman pohon, pengelolaan sampah, dan upaya pelestarian sumber daya alam.Pengenalan praktik-praktik ramah lingkungan di masyarakat desa.sedangan untuk pemanfaatan teknologi informasi untuk meningkatkan efisiensi administrasi desa dan memberikan akses informasi yang lebih baik. Introduksi inovasi-inovasi teknologi yang relevan dengan kebutuhan masyarakat desa.

Sementara Program pengembangan kapasitas masyarakat melalui pelatihan dan workshop.Mendorong partisipasi aktif masyarakat dalam pengambilan keputusan dan implementasi program-program pembangunan.

Kolaborasi dengan lembaga-lembaga lain dalam menjalankan program-program pembangunan di Desa Oebesi. Menetapkan sistem monitoring dan evaluasi untuk memantau dampak dan efektivitas program-program yang dijalankan. Mengumpulkan umpan balik dari masyarakat desa untuk perbaikan berkelanjutan.
Program tematik terintegrasi yang inovatif ini dapat membantu mencapai tujuan pembangunan yang lebih luas di Desa Oebesi, mencakup berbagai aspek kehidupan masyarakat dan meningkatkan kesejahteraan secara menyeluruh.

Tujuan dari pelaksanaan kegiatan ini disamping sebagai kewajiban mahasiswa dalam mengikuti mata kuliah intrakurikuler juga melibatkan mahasiswa, staf pengajar serta pembangunan daerah untuk menuju tercapainya manusia yang maju, adil dan sejahtera berdasarkan Pancasila.

Dalam kegiatan tersebut Universitas Muhammadiyah hadir melalui program mahasiswa KKN terintegrasi PLP bersama masyarakat desa oebesi menyiapkan stand dan barang yang akan dipamerkan di desa Enoraen.
Pada kegiatan tersebut bersama Pemerintah kecamatan Amarasi Timur bertujuan membuat kegiatan ini untuk masyarakat lebih tahu dan lebih mengenal adat istiadat orang Amarasi.

Hasil pelaksanaan kegiatan menunjukkan bahwa melalui berbagai kegiatan yang telah dilakukan oleh mahasiswa selama KKN, telah tercapai beberapa pencapaian signifikan dalam pengembangan Desa Oebesi.
Pertama, terdapat peningkatan kesadaran masyarakat akan pentingnya pendidikan dan kesehatan.

Melalui kegiatan penyuluhan dan pemberian informasi, masyarakat menjadi lebih aware akan pentingnya pendidikan dan kesehatan bagi perkembangan mereka. Kedua, melalui pembangunan infrastruktur dasar seperti jalan dan fasilitas air bersih, aksesibilitas ke berbagai wilayah di desa telah meningkat, memberikan dampak positif terhadap mobilitas masyarakat dan perkembangan ekonomi lokal.

Selain itu, mahasiswa juga membantu dalam mengembangkan potensi ekonomi lokal, seperti kerajinan tangan dan pertanian, untuk meningkatkan pendapatan masyarakat setempat

Penulis adalah ketua Program Studi PGSD UM Kupang /Dosen S1 PGSD

- Advertisement -

Menara62 TV

- Advertisement -

Terbaru!