28.2 C
Jakarta

Upayakan Fasilitasi Kredit Tanpa Agunan, Bentuk Kepedulian Arniza Nilawati Untuk SDM Pendamping PKH Kabupaten OKU Timur

Baca Juga:

OKU Timur, menara62.com – Melakukan kunjungan kerja ke daerah, Anggota Dewan Perwakilan Daerah Republik Indonesia (DPD RI) Arniza Nilawati, S.E., M.M., menggelar sialturhami dan dialog bersama dengan Dinas Sosial, Koodinator Kabupaten (Korkab) dan Pendamping Program Keluarga Harapan (PKH) Kabupaten Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU) Timur, pada Minggu, 15 Januari 2023

Dalam kesempatan tersebut, Anggota DPD RI asal Sumatera Selatan ini mendapati bahwa Korkab dan Korwil PKH Kabupaten OKU Timur menagih janji pemerintah yang akan memberikan kemudahan permodalan kepada pelaku usaha dengan Kredit Usaha Mikro (KUR) tanpa agunan.

Pasalnya, masih ditemukan permasalahan di mana pengusaha UMKM yang mengajukan pinjaman sampai Rp 100 juta tetap diminta jaminan atau agunan. Padahal, pengusaha sudah memiliki Nomor Induk Berusaha (NIB), memiliki catatan keuangan yang dibuktikan dengan bergabung dengan ekosistem pasar digital. Termasuk lolos BI Checking pada SLIK OJK.

Oleh karena itu, Senator Arniza Nilawati akan memperjuangkan Program Kredit Usaha Rakyat (KUR) karena ini salah satu program pemerintah dalam meningkatkan akses pembiayaan kepada UMKM yang disalurkan melalui lembaga keuangan dengan pola penjaminan dan tanpa agunan.

Karena Program KUR dimaksudkan untuk memperkuat kemampuan permodalan usaha dalam rangka pelaksanaan kebijakan percepatan pengembangan sektor riil dan pemberdayaan UMKM khususnya pasca pandemi Covid-19.

Para Pendamping PKH khususnya di Kabupaten OKU Timur sangat membutuhkan permodalan untuk mengembangkan usaha skala mikro. Untuk itu sebagai Anggota DPD RI asal Sumatera Selatan, Arniza Nilawati akan memberi dukungan memfasilitasi permohonanan bantuan permodalan tanpa agunan yang disalurkan oleh bank pemerintah seperti Bank Mandiri.

Karena menurt Arniza Nilawati saat ini UMKM membutuhkan tambahan modal yang murah seperti program KUR. Mengingat semua harga bahan produksi, gas LPG, BBM hingga tarif listrik industri naik. Seharusnya, pemerintah memberikan kompensasi kepada pelaku usaha dengan mempermudah akses permodalan sehingga UMKM bisa bertahan dan bangkit menghadapi situasi sulit seperti sekarang.

Korkab dan Korwil PKH Kabupaten OKU Timur mengharapkan bantuan dan dukungan dari Anggota DPD RI, khususnya Senator Arniza Nilawati untuk membantu memfasilitasi Penyaluran KUR Platform Tanpa Agunan bagi SDM Pendamping PKH bersama Bank Mandiri sebagaimana yang telah dilakukan Kota Palembang dan beberapa kabupaten lain di Sumsel. Limit KUR tanpa agunan yang dimaksud yaitu sebesar Rp 50 juta untuk berbagai jenis usaha.

RZP/Riil

- Advertisement -

Menara62 TV

- Advertisement -

Terbaru!