32.1 C
Jakarta

Jasa Marga Siapkan Strategi Antisipasi Kenaikan Volume Kendaraan Selama Libur Nataru

Baca Juga:

JAKARTA, MENARA62.COM – Mengantisipasi lonjakan volume lalu lintas jelang Hari Raya Natal 2022 dan Tahun Baru 2023 (Nataru 2022/2023), PT Jasa Marga (Persero) Tbk memastikan kesiapan strategi dan layanan operasi jalan tol di seluruh ruas Jasa Marga Group berjalan dengan optimal.

Atika Dara Prahita Operation and Maintenance Management Group Head Jasa Marga menjelaskan, bahwa Jasa Marga memprediksi jumlah kendaraan keluar wilayah Jabotabek pada H-7 Natal 2022 sampai dengan H+3 Tahun Baru 2023 atau pada periode 18 Desember 2022 sampai dengan 4 Januari 2023.

“Lonjakan volume terjadi sebanyak 2,73 juta kendaraan, naik 8,4 persen dari volume lalu lintas normal. Sedangkan prediksi puncak arus mudik yang terbagi dalam dua hari yaitu pada Jumat, 23 Desember 2022, untuk periode Natal dan Jumat, 30 Desember 2022, untuk periode Tahun Baru,” jelas Atika dalam keterangan persnya di Jasamarga Tollroad Command Centre, Jatiasih, Bekasi, Kamis (15/12/2022).

“Sedangkan untuk prediksi jumlah kendaraan masuk wilayah Jabotabek pada periode yang sama adalah sebanyak 2,71 juta kendaraan, naik 9 persen dari volume lalu lintas normal, dengan prediksi puncak arus balik juga terbagi dalam dua hari, yaitu pada Minggu, 25 Desember 2022, untuk periode Natal dan Minggu, 1 Januari 2023, untuk periode Tahun Baru,” ujarnya.

Angka prediksi tersebut merupakan angka kumulatif arus lalu lintas dari empat Gerbang Tol (GT) Utama, yaitu GT Cikampek Utama dan GT Kalihurip Utama (arah Trans Jawa dan Bandung), GT Ciawi (arah Puncak), dan GT Cikupa (arah Merak). Adapun mayoritas distribusi volume lalu lintas baik yang keluar maupun masuk wilayah Jabotabek pada periode tersebut adalah menuju Timur/Trans Jawa dengan angka distribusi mencapai 47 persen.

Atika menambahkan, Jasa Marga sebagai Badan Usaha Jalan Tol yang berperan di sektor infrastruktur transportasi darat telah menyiapkan berbagai upaya dan strategi dalam menghadapi Operasi Layanan Libur Natal 2022 dan Tahun Baru 2023.

“Dalam upaya mengantisipasi peningkatan volume lalu lintas saat periode Nataru 2022/2023, Jasa Marga Bersama dengan Kepolisian dan Direktorat Jenderal Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan untuk memaksimalkan kapasitas jalan tol dengan rekayasa lalu lintas seperti contraflow, khususnya di Jalan Tol Jakarta-Cikampek, yang pelaksanaannya merupakan diskresi Kepolisian. Selain itu, kami juga akan memfungsikan penambahan satu lajur di Jalan Tol Jakarta-Cikampek baik arah Cikampek maupun arah Jakarta (dari tiga lajur menjadi empat lajur) mulai Km 50 sampai dengan Km 67 sepanjang 16,3 Km, serta mempersiapkan pengoperasian fungsional Jalan Tol Jakarta-Cikampek II Selatan (Sadang sampai dengan Kutanegara) sepanjang 8,5 Km,” tambahnya.

Fungsional Jalan Tol Jakarta-Cikampek II Selatan merupakan alternatif untuk kendaraan kecil golongan 1 non bus pada arus balik jika terjadi kepadatan di Simpang Susun Dawuan yang merupakan titik pertemuan arus lalu lintas dari Jalan Tol Jakarta-Cikampek dan Jalan Tol Cipularang. Namun jalur ini perlu diantisipasi oleh masyarakat karena akan keluar di jalan nasional Karawang, kemudian melanjutkan kembali masuk ke jalan tol melalui Gerbang Tol (GT) Karawang Barat Km 47.

Jasa Marga juga mendukung pengaturan waktu operasional kendaraan angkutan barang berdasarkan Surat Keputusan Bersama Direktur Jenderal Perhubungan Darat, Kakorlantas dan Direktur Jenderal Bina Marga yang ditetapkan tanggal 13 Desember 2022, akan diterapkan pada 17 ruas jalan tol Jasa Marga Group, diantaranya JORR, Sedyatmo, Jagorawi, Jakarta-Cikampek, Cipularang, Padaleunyi, Palikanci, Batang-Semarang, Semarang ABC, Semarang-Solo, Solo-Ngawi, Ngawi-Kertosono, Surabaya-Mojokerto, Surabaya-Gempol, Gempol-Pandaan,Gempol-Pasuruan dan Pandaan-Malang.

Adapun pembatasan waktu pengaturannya adalah sebagai sebagai berikut:
– Libur Natal: 22 Desember 2022 pukul 12.00 s.d. 24 Desember 2022 pkl. 24.00 dan 25 Desember 2022 pukul 12.00 s.d. 26 Desember 2022 pukul 08.00
– Libur Tahun Baru: 30 Desember 2022 pukul 00.00 s.d. 31 Des 2022 pukul 12.00 dan 1 Januari 2023 pukul 12.00 s.d. 2 Januari 2023 pukul 08.00.

Manfaatkan Aplikasi Travoy

Direktur Utama PT Jasa Marga Tollroad Operator Yoga Tri Anggoro mengimbau masyarakat yang akan melakukan perjalanan mudik saat libur Nataru untuk mengunduh aplikasi resmi Jasa Marga yakni Travoy.

Aplikasi itu memuat sejumlah fitur baru yang dilengkapi dengan push-notification sehingga mempermudah pengguna jalan mendapatkan informasi lebih update dan real time. Informasi tersebut sangat dibutuhkan karena volume kendaraan saat akhir tahun lazimnya meningkat dibandingkan situasi normal.

Yoga menyarankan masyarakat untuk mengoptimalkan aplikasi tersebut. “Jadi ketika ada kondisi rekayasa lalu lintas seperti pengalihan arus lalu lintas ganguan jalan, kecelakaan, atau banjir, akan langsung diinformasikan secara otomatis,” tuturnya.

Dengan begitu, kata Yogi, jadi pengguna jalan tidak perlu bingung mencari informasi. “Para pengguna travoy akan diinformasikan,” tuturnya.

Lebih lanjut, Yoga juga mengimbau kepada masyarakat untuk periksa kondisi kendaraan dan mengecek saldo uang elektronik (e-toll) terlebih dahulu meskipun Jasa Marga sudah mempunyai tempat untuk melakukan pengisian saldo uang elektronik, namun lebih cepat jika mempersiapkan dari rumah.

“Karena ketika saldo e-toll tidak cukup tentu saja akan mengakibatkan kepadatan di  pinggir tol,” tutupnya.

 

- Advertisement -

Menara62 TV

- Advertisement -

Terbaru!