32.8 C
Jakarta

Jemaah Haji Kloter I Palembang Diterbangkan ke Tanah Air

Baca Juga:

MEKKAH – Jemaah haji kelompok terbang Palembang (Kloter PLM-01) menjadi rombongan pertama yang akan pulang ke Tanah Air. Mereka diterbangkan pada Senin dinihari  (27/8/2018)  waktu Arab Saudi.

“Selamat anda telah selesai menjalani ibadah haji,” kata Duta Besar Indonesia untuk Arab Saudi Agus Maftuh Abegebriel kepada jemaah haji Palembang dalam acara pelepasan di Hotel Wafa El Ehsan Misfalah, Mekah, Ahad (26/8/2018) malam waktu setempat seperti dikutip dari Antara, Senin (27/8)..

Dia mengatakan jemaah Indonesia dikenal pemerintah Saudi sebagai jamaah yang tertib, rapi, sopan dan bagus. Untuk itu, nilai positif tersebut harus terus dipelihara dan dilestarikan.

Kelompok terbang PLM-01 itu sendiri merupakan satu dari 15 kloter yang pertama berangkat pulang ke Tanah Air. Pada hari selanjutnya akan menyusul kloter-kloter lain dari penerbangan gelombang pertama untuk terbang dari Bandar Udara KAAIA Jeddah.

Sementara itu, kloter gelombang kedua masih akan bergerak dari Mekkah ke Madinah guna meneruskan rangkaian perjalanan ibadah setelah musim puncak haji.

Berdasarkan pengamatan Antara, jamaah PLM-01 secara berangsur-angsur berkumpul di lobi hotel Wafa El Ehsan. Selama beberapa saat mereka menghadiri acara pelepasan yang diadakan Panitia Penyelenggara Ibadah Haji.

Setelah itu, jemaah yang juga membawa tas tentengan secara bergiliran memasuki bus yang mengangkut mereka ke Bandara Jeddah. Beberapa jemaah uzur dan lanjut usia menuju bus menggunakan kursi roda yang didorong jemaah dan petugas secara bergantian.

Adapun koper jemaah sudah diangkut terlebih dahulu satu hari sebelum mereka menuju bandara. Koper diangkut mendahului jemaah menggunakan mobil box setelah ditimbang. Dalam proses penimbangan, jika koper diketahui memiliki berat bawaan lebih dari 32 kilogram maka jemaah diminta mengurangi isinya.

- Advertisement -

Menara62 TV

- Advertisement -

Terbaru!