26.4 C
Jakarta

Kelompok 9 Mahasiswa Peserta LKMM Berlatih Mendesain dengan Canva

Baca Juga:

YOGYAKARTA, MENARA62.COM — Kelompok 9 mahasiswa peserta Latihan Kepemimpinan Manajemen Mahasiswa (LKMM) Menengah Tingkat Nasional Perguruan Tinggi Muhammadiyah ‘Aisyiyah (PTMA) berlatih teknik dasar desain. Pelatihan desain yang diikuti sembilan PTMA ini menggunakan aplikasi Canva, Sabtu (5/12/2020).

Menurut Ketua Panitia, Muhammad Ramdhan dari Universitas Ahmad Dahlan (UAD) Yogyakarta pelatihan desain menggunakan aplikasi Canva ini merupakan kolaborasi dari sembilan PTMA. Kesembilan PTMA adalah UAD, Universitas Muhammadiyah Jambi, Universitas Muhammadiyah Palangkaraya, ITS PKU Muhammadiyah Surakarta, Universitas Muhammadiyah Palu, Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur, Universitas Muhammadiyah Mataram, Universitas Muhammadiyah Palembang, dan Universitas Muhammaditah Luwuk.

Dijelaskan Muhammad Ramdhan, pelatihan desain ini mengangkat tema ‘Meningkatkan Keterampilan Desain yang Dapat Diaplikasikan di Lingkungan.’ “Harapannya, setelah mengikuti training ini, peserta mampu membuat desain dengan cepat, sederhana, menarik, dan dapat memberikan dampak kepada lingkungan sekitarnya,” kata Muhammad Ramdhan.

Pelatihan ini menampilkan dua nara sumber yaitu Muhammad Ramdhan dari UAD dan Nur Hidayat dari Universitas Muhammadiyah Palangkaraya. Pemateri menjelaskan tentang apa itu aplikasi Canva yang dapat digunakan untuk mendesain berbagai macam produk.

Canva, kata Muhammad, bisa diakses menggunakan personal computer, dan smartphone, baik android maupun IOS. Canva bisa digunakan untuk membuat poster, flyer, pamflet, kartu nama, logo, presentasi, undangan, dan lain sebagainya.

Secara garis besar, jelas Muhammad, mendesain dengan Canva dapat dilakukan menggunakan template yang sudah di sediakan. Sehingga pengguna tinggal sedikit mengedit sesuai dengan kebutuhan. “Bisa menggunakan cara lain yaitu dengan mulai mendesain dari nol. Artinya dari kanvas kosong, pengguna bisa melakukan drag & drop desain-desain yang sudah disediakan,” katanya.

Sedang Nur Hidayat menambahkan tentang tips dan trik penggunaan aplikasi Canva. “Canva ini berbasis internet. Artinya Canva tidak dapat digunakan jika tidak ada internet. Hal ini membuat aplikasi Canva memiliki keunggulan pada kemudahan berkolaborasi dan juga resource desain yang jumlahnya sangat banyak,” kata Nur Hidayat.

Kata Nur Hidayat, untuk melakukan kolaborasi dengan desainer lain, pengguna bisa share link kolaborasi yang dapat ditemukan di tombol share. Kemudian terkait resource desain, selain dari persediaan Canva, pengguna juga bisa mendapatkannya dari google yang nantinya di masukkan ke Canva melalui fitur upload.

Sebagai contoh pelatihan, pemateri menjelaskan bagaimana membuat tiga jenis desain poster mengenai lingkungan, yaitu menjaga kebersihan, patuhi protokol kesehatan, dan hemat makanan. “Hal ini dilakukan dengan harapan masyarakat dapat ikut berpartisipasi dalam memperbaiki lingkungan dengan cara yang baru, yaitu melalui desain poster,” kata Nur Hidayat.

Sementara Danang Sukantar MPd, Kepala Bidang Pembinaan Organisasi Kemahasiswaan dan Prestasi Mahasiswa Bimawa UAD mengatakan mahasiswa yang mengikuti LKMM Menengah Tingkat Nasional PTMA ini dituntut untuk melakukan kegiatan kolaborasi antar mahasiswa dari sejumlah PTMA. Hal ini dimaksudkan agar mahasiswa terbiasa melakukan kerjasama dengan orang yang tidak kenal sebelumnya.

“Ada 10 kelompok yang mengikuti LKMM Menengah Tingkat Nasional ini. Masing-masing kelompok dituntut untuk membuat kegiatan sesuai hasil diskusi kelompok,” kata Danang sambil menambahkan setelah selesai mereka akan mengikuti pelatihan LKMM lanjutan untuk mempertajam kemampuan soft skills.

- Advertisement -

Menara62 TV

- Advertisement -

Terbaru!