28.2 C
Jakarta

Kepala LLDIKTI Wilayah 1 Sumatera Utara Pimpin Benchmarking 20 Perguruan Tinggi ke Unismuh Makassar

Baca Juga:

MAKASSAR – Dalam rangka meningkatkan kualitas pendidikan tinggi di wilayah Sumatera Utara, 20 perguruan tinggi di bawah naungan Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDIKTI) Wilayah 1 Sumatera Utara berkunjung ke Universitas Muhammadiyah (Unismuh) Makassar.

 

Rombongan yang dipimpin oleh Kepala LLDIKTI Wilayah 1, Prof Saiful Anwar Matondang, diterima Rektor Unismuh Makassar Prof Ambo Asse, di ruang Rapat Senat, Gedung Iqra Lantai 17, Kampus Unismuh Makassar, Selasa, 1 Agustus 2023.

 

Acara ini dipandu Wakil Rektor I Unismuh Dr Abd Rakhim Nanda, yang menyampaikan ucapan selamat datang, dan memandu acara perkenalan (ta’aruf).

 

“Kami merasa tersanjung, menjadi tujuan benchmarking. Padahal kami juga menyadari, bahwa kami masih sementara dalam proses pembenahan. Sekarang kami dalam proses persiapan reakreditasi institusi, dengan target akreditasi Unggul,” ujar Rakhim Nanda.

 

Sementara itu, dalam sambutannya, Kepala LLDIKTI Wilayah 1 menyatakan bahwa benchmarking ini bertujuan untuk mempelajari pengelolaan penjaminan mutu dan pengembangan program studi di Unismuh Makassar.

 

“Kami akan menggunakan metode ATM, yakni Amati, Tiru, dan Modifikasi, dalam proses benchmarking ini,” ungkap Prof Saiful Anwar.

 

Lebih lanjut, Kepala LLDIKTI Sumatera Utara mengundang Tim Badan Penjaminan Mutu Unismuh untuk berkunjung ke Medan.

 

“Para dosen Unismuh, yang telah menjadi asesor BAN PT, jika perlu kami pinjam ke Medan, untuk berbagi pengetahuan dan pengalaman, sekaligus jalan-jalan ke Danau Toba,” tambah Prof. Saiful Anwar, disambut senyuman para hadirin.

 

Rektor Unismuh, Prof. Ambo Asse, menyambut hangat peserta benchmarking. Ia memaparkan profil kampus Unismuh Makassar. Terkait dengan akreditasi prodi, Ambo Asse menyebut, saat ini Unismuh mengelola 52 prodi.

 

“Alhamdulillah, 9 prodi terakreditasi Unggul, 11 terakreditasi A. 9 Baik Sekali, 11 terakreditasi B, dan selebihnya terakreditasi Baik,” pungkas Ambo Asse.

 

Dalam acara tersebut, Kepala Badan Penjaminan Mutu (BPM) Unismuh, Dr Burhanuddin, menyampaikan gambaran mengenai proses penjaminan mutu yang telah diimplementasikan di kampus Unismuh, yang semuanya telah terdigitalisasi.

 

Dalam kesempatan yang sama, dilakukan penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) antara 14 perguruan tinggi di bawah naungan LLDIKTI Wilayah 1 dengan Unismuh, sebagai langkah awal dalam mengintensifkan kerjasama di bidang tridharma perguruan tinggi.

 

Acara diakhiri dengan saling tukar cinderamata antara Unismuh dengan 20 kampus tersebut. Secara khusus, ada pemberian cinderamata Songkok Recca dari Rektor Unismuh ke Kepala LLDIKTI wilayah 1, dan sebaliknya ada pemberian selendang Ulos, dari Prof Saiful ke Prof Ambo Asse.

 

Kolaborasi dan kerjasama yang terjalin diharapkan dapat memberikan dampak positif bagi perkembangan pendidikan tinggi di Indonesia.

 

Berikut daftar perguruan tinggi yang berkunjung ke Unismuh Makassar:

1. STIE Graha Kirana

2. STIKes Mitra Husada Medan

3. Universitas Muslim Nusantara Al-Washliyah

4. Universitas Pembangunan Panca Budi

5. Universitas HKBP Nommensen

6. STKIP Budidaya Binjai

7. Institut Kesehatan Medistra Lubuk Pakam

8. Inkes Deli Husada Deli Tua

9. Politeknik Adiguna Maritim Indonesia Medan

10. UISU

11. Institut Kesehatan Helvetia

12. STIKes Arta Kabanjahe

13. STIKes Senior Medan

14. Politeknik Cendana

15. STIM Sukma

16. STOK Binaguna

17. Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara

18. STIKes As Syifa

19. UNPRI

20. UPMI

- Advertisement -

Menara62 TV

- Advertisement -

Terbaru!