27.3 C
Jakarta

Kowani Berkomitmen Terapkan Toba Track W20

Baca Juga:

JAKARTA, MENARA62.COM – Kongres Wanita Indonesia (Kowani) sebagai organisasi federasi tertua dan terbesar di Indonesia dengan 102 anggota organisasi dan 90 juta anggota beserta seluruh stakeholder berkomitmen untuk menerapkan Toba Track (action plan berkelanjutan untuk seluruh rekomendasi). Terutama berfokus pada isu-isu prioritas Perempuan Pedesaan dan Perempuan Penyandang Disabilitas yang dimulai dari Kepresidenan Indonesia.

Hal itu disampaikan Ketua Umum Kowani Dr Ir Giwo Rubianto Wiyogo M.Pd pada Summit Meeting W20 G20 yang berlangsung di Bali, Ahad (13/11/2022).

Dalam siaran persnya, Giwo juga menyampaikan rasa terimakasih kepada Pemerintah Indonesia, baik kepada pemerintah pusat maupun pemerintah daerah yang telah memberikan dukungan dan bantuan yang tak ternilai pada W20 plenaries, side events, dan summit meeting sehingga rangkaian acara berjalan dengan sukses dan lancar.

“Terimakasih juga kami sampaikan kepada Ibu Handriani Uli Silalahi, S.E., M.Si selaku Chair W20 dan Ibu Dian Siswarini selaku Co-Chair W20 yang telah sukses memimpin W20 ini dengan sangat baik, kepada Kowani dan seluruh organisasi perempuan yang telah menyelenggarakan banyak sekali webinar dan acara terkait 5 masalah prioritas untuk mendukung W20,” kata Giwo yang juga menjabat sebagai Head of Delegation of Indonesia.

Ketua Umum Kowani Giwo Rubianto Wiyogo menyerahkan cindera maata pada delegasi W20

Selain itu, rasa terima kasih disampaikan untuk seluruh delegasi dari negara-negara G20 yang telah memberikan kontribusi yang berdampak besar pada proses komunike. Termasuk kepada semua mitra dan pembicara pada acara W20 sekaligus kepada Panitia W20 Indonesia baik dari Kowani maupun XL yang telah bekerja tanpa lelah.

Menurut Giwo, sebagai negara berkembang pertama yang memegang kursi kepresidenan, tentu isu-isu ini sangat penting, dengan harapan bahwa isu tersebut dapat terus disorot dalam kepresidenan mendatang.

Pada acara W20 post summit meeting dengan serah terima (handover) W20 Indonesia kepada India, Giwo berharap bahwa di tangan India W20 akan terus dipimpin oleh organisasi wanita yang mampu menjangkau sampai ke tingkat akar rumput karena kolaborasi diantara Wanita merupakan kunci kesuksesan.

Penghargaan khusus juga diberikan kepada Organon karena berdiri bersinergi bersama Kowani dengan keyakinan bahwa W20 ini sangat penting, dan tentunya juga kowani menantikan kolaborasi lagi di masa mendatang. Tentu dukungan berkelanjutan dari semua pemangku kepentingan baik dari sektor publik maupun swasta juga sangat penting dalam memastikan keberhasilan implementasi komunike W20 ini.

Harapannya kemajuan yang telah dicapai selama Presidensi W20 Indonesia akan mendorong tindakan nyata dalam mewujudkan kesetaraan gender, khususnya perempuan di bidang ekonomi yang mampu memberikan kontribusi pada upaya pemerintah dunia untuk mencapai stabilitas ekonomi, pertumbuhan berkelanjutan dan mengurangi risiko dan krisis global di masa depan di semua negara G20. Seperti yang dikatakan Barack Obama, “Penilai terbaik apakah suatu negara akan berkembang adalah bagaimana memperlakukan wanitanya”.

Menara62 TV

- Advertisement -

Terbaru!