35.1 C
Jakarta

Kukuhkan 3 Profesor Baru, Perkuat Untar Sebagai Kampus Unggulan

Baca Juga:

JAKARTA, MENARA62.COM – Universitas Tarumanagara (Untar) mengukuhkan tiga profesor baru, yaitu Prof. Lina, S.T., M.Kom., Ph.D. dari Fakultas Teknologi Informasi (FTI), serta Prof. Dr. Drs. Sawidji Widoatmodjo, S.E., M.M. dan Prof. Dr. Ignatius Roni Setyawan, S.E., M.Si. dari Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB).

Upacara pengukuhan dipimpin Rektor Untar Prof. Dr. Ir. Agustinus Purna Irawan, M.T., M.M., I.P.U.,ASEAN Eng., Rabu (6/3) di Auditorium Kampus I Untar dan turut dihadiri Ketua Pengurus Yayasan Tarumanagara Prof. Dr. Ariawan Gunadi, S.H., M.H. serta perwakilan Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi wilayah III (LLDikti III).

Dalam kesempatan ini, para profesor yang baru dikukuhkan tersebut menyampaikan orasi sesuai bidang keahliannya. Lina yang menjadi Profesor Bidang Ilmu Teknik Informatika menyampaikan orasi berjudul “Beyond Tomorrow: Menavigasi Lanskap Kecerdasan Buatan di Masa Depan.”

Dilanjutkan dengan Sawidji dalam Bidang Ilmu Ekonomi dengan orasi berjudul “Wiraswastawan Produsen sebagai Strategi Pembaruan Keunggulan Komparatif untuk Mewujudkan Indonesia Emas.”

Sedangkan, Roni yang menjadi Profesor Bidang Ilmu Manajemen memaparkan orasi berjudul “Optimalisasi Tanggung Jawab Sosial dan Tanggung Jawab Digital Seorang CEO: Pelajaran dari Elon Musk (Tesla).”

Kepala LLDikti III yang diwakili Ketua Kelompok Kerja Riset dan Pengabdian kepada Masyarakat Adhy Purnama, S.E., M.M. menyatakan pihaknya merasa bangga atas pencapaian Untar yang terus berpartisipasi mendorong dosennya mencapai jabatan akademik tertinggi.

Sementara itu, Ketua Pengurus Yayasan Tarumanagara Prof. Dr. Ariawan Gunadi secara khusus memberikan apresiasi untuk tiga profesor baru. Ia berharap ketiga profesor dapat menginspirasi para dosen lain untuk mengikuti jejak mereka.

Saat menutup acara, Rektor Untar berpesan agar para profesor yang baru dikukuhkan ini dapat terus menghasilkan berbagai karya dan mendukung para dosen untuk mendapatkan jabatan akademik profesor.

“Profesor harus menghasilkan profesor baru, doktor harus menghasilkan doktor baru, itu adalah filosofi kita, sehingga Untar maupun universitas lain yang ada di Indonesia bisa menghasilkan banyak profesor, dan Untar menjadi salah satu perguruan tinggi unggulan di Indonesia,” pungkasnya.

Riwayat Singkat Pendidikan dan Karir

1. Prof. Lina, S.T., M.Kom., Ph.D. Dilahirkan di Padang 20 Februari 1979 menempuh pendidikan Sarjana Teknik Informatika FT Untar dan melanjutkan kuliah Magister Ilmu Komputer di Universitas Indonesia. Gelar doktor Ilmu Komputer diraihnya di Nagoya University – Jepang melalui beasiswa Pemerintah Jepang (Monbukagakusho).

Selain berkecimpung di bidang teknologi informasi, Ia juga merupakan salah satu dari Global Faculty Scholars pada Kauffman Foundation – USA untuk program Entrepreneurship. Prof. Lina pernah

memegang jabatan sebagai Pembantu Dekan II FTI Untar periode 2010-2014. Kepala Sekretariat Untar periode 2014-2016, serta Wakil Dekan FTI Untar periode 2018-2022. Prof. Lina merupakan alumni Program Studi Sarjana Teknik Informatika Untar pertama yang memperoleh gelar Profesor Bidang Teknik Informatika.

2. Prof. Dr. Drs. Sawidji Widoatmodjo, S.E., M.M. Dilahirkan di Sukoharjo 1 Desember 1962, menempuh pendidikan Sarjana di Fakultas Ekonomi Universitas Gadjah Mada, dilanjutkan ke Magister Manajemen di Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi IMNI dan M.B.A. di Newport International University. Dua gelar doktor diraihnya dari Institut Bisnis dan Informatika Indonesia (IBII) dan Universitas Hasanuddin.

Saat ini menjabat Dekan FEB Untar, juga menekuni profesi sebagai wartawan dan periset. Pengalaman risetnya diperoleh ketika menjadi Junior Researcher di Center for Policy Studies (CPS), dilanjutkan sebagai investment analyst di Erdika Securities, hingga kini menjadi Expert Pool GTZ, dan CEO ECBIS Rescons (Economic-Business Research & Consulting Service). Ia sudah menulis 25 buku best seller dan ribuan artikel di berbagai media.

3. Prof. Dr. Ignatius Roni Setyawan, S.E., M.Si. Lahir di Semarang 18 Maret 1973, menempuh pendidikan di Program Studi Sarjana Manajemen di Universitas Atma Jaya Yogyakarta, Magister Manajemen di Universitas Gadjah Mada, dan Doktor Manajemen di Universitas Indonesia.

Ia telah menghasilkan luaran artikel-artikel jurnal internasional Scopus, SINTA, dan book chapter internasional. Pernah memperoleh penghargaan best presenter Malaysian Finance Association International Conference 2020, best reviewer Journal of Indonesian Economy and Business UGM (2022), hibah Dikti PDUPT tahun 2021-2023, dan peringkat 8 SINTA Untar dari November 2023 hingga sekarang.(*)

- Advertisement -

Menara62 TV

- Advertisement -

Terbaru!