25 C
Jakarta

Makuku Lakukan Edukasi Ruam Popok Melalui Platform TikTok

Baca Juga:

JAKARTA, MENARA62.COM – Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) menyebut ruam popok pada bayi memang tidak mengancam jiwa, namun akan sangat mengganggu anak dan menyebabkan bayi rewel. Bila terjadi ruam dan tidak diatasi dengan baik, dapat terjadi infeksi sekunder, yaitu infeksi yang terjadi bersamaan dengan infeksi sebelumnya yang disebabkan oleh pertumbuhan jamur pada kulit.

Alasan inilah yang menyebabkan edukasi mengenai ruam popok harus terus dilakukan. Dalam rangka MAKUKU 12.12 Live Shopping, MAKUKU akan melakukan edukasi kepada Ibu dan kali ini edukasi dilakukan di platform TikTok bersama dengan Fiona Antoni, Nikita Willy, Chelsea Olivia, Jessica Iskandar.

Berdasarkan data mengenai tren belanja saat ini, 94% pengguna TikTok di Indonesia menunggu periode tanggal cantik setiap bulannya dan platform ini memungkinkan live secara langsung untuk interaksi antara host dan followersnya, sehingga cocok untuk melakukan edukasi ke moms gen Z dan millennial yang sangat lekat dengan media sosial.

Branding Director MAKUKU, Lucky Zheng menyampaikan, MAKUKU secara konsisten akan melakukan edukasi baik dengan dokter sebagai ahlinya dan dengan Ibu yang telah memiliki pengalaman. MAKUKU Live Shopping yang akan dilakukan di platform TikTok akan mengangkat topik-topik yang menarik bagi Ibu yang memiliki permasalahan dengan ruam popok bayi.

“Program Live shopping ini juga secara langsung akan menghadirkan Fiona Antoni, Nikita Willy, Chelsea Olivia, dan Jessica Iskandar. Para Ibu juga nantinya akan dapat penjelasan tepercaya secara langsung dari dokter spesialis anak saat live,” katanya.

Pada kesempatan yang sama dr. S.T Andreas Christian Leyrolf, M.Ked (Ped), Sp.A, dokter spesialis anak mengatakan bahwa, semakin lama area yang mengalami ruam kontak dengan feses, iritasi akan semakin parah begitu juga dengan ruam popok. Oleh karena itu, penting bagi Ibu untuk membantu mengatasi risiko ruam popok.

“Salah satu perawatan yang tepat bagi bayi untuk mengatasi risiko ruam popok adalah dengan melakukan terapi “ABCDE”, yaitu air (udara), dimana pada area tertutupi popok harus sesering mungkin terkena udara dengan membuka popok secara berkala,” jelasnya. 

Lalu barrier (pelindung) dengan mengoleskan krim barrier (misalkan zink oksida atau petrolatum) ke area yang tertutup popok untuk bayi yang berisiko terkena dermatitis popok.  Kemudian cleansing (pembersihan), dengan cara selalu bersihkan area terkena popok dengan lembut menggunakan air setiap penggantian popok, hindari menggosok kuat. 

Selain itu diaper (popok) yakni dengan menggunakan popok daya serap tinggi dan hindari popok kain. Ganti popok setiap 1 hingga 3 jam “Dan poin E adalah Education (edukasi) dimana orang tua harus diberi edukasi tata cara pencegahan dan pengobatan dermatitis popok,” tegasnya. 

Fiona Antoni, public figure dan ibu anak satu, mengungkapkan, mengganti popok secara berkala merupakan bentuk perawatan yang tepat untuk mengatasi risiko ruam popok bayi. Selain itu, pemilihan popok dengan daya serap yang tinggi juga tidak kalah pentingnya. Sama pentingnya dengan perawatan bayi, edukasi bagi para Ibu juga penting terutama untuk kesehatan bayi.

“Sebagai seorang Ibu, saya juga sangat bersemangat untuk mendengarkan cerita dari Ibu lain dan membagikan pengalaman saya secara pribadi sebagai seorang Ibu dalam MAKUKU Live Shopping di TikTok. Para Ibu juga nantinya akan dapat mengkonfirmasi secara langsung pada dokter yang merupakan ahlinya,” katanya.

Program Live Shopping MAKUKU akan dilakukan di platform TikTok dengan ketentuan sebagai berikut promo TikTok berlaku sebelum tanggal 12 Desember 2022 atau sebelum harbolnas 12.12, harga special live exclusive menuju 12.12 mulai dari tanggal 1 hingga 14 Desember pukul 09.00-22.00 WIB, semua pembelian akan diberikan gratis ongkir se-pulau Jawa dan voucher potongan sebesar Rp 40.000,00 tersedia setiap hari dan dapat di klaim pukul 12.00 dan 20.00 WIB serta voucher subsidi ongkir hingga Rp. 40.000 tersedia untuk luar pulau Jawa

- Advertisement -

Menara62 TV

- Advertisement -

Terbaru!