30.4 C
Jakarta

Menko PMK Hadiri Penutupan PSM PTMA V di UNIMMA

Baca Juga:

 

MAGELANG, MENARA62.COM – Pekan Seni Mahasiswa (PSM) V Perguruan Tinggi Muhammadiyah ‘Aisyiyah (PTMA) telah sampai pada puncaknya. Ahad malam (19/12) PSM PTMA V yang digelar di Universitas Muhammadiyah Magelang (UNIMMA) resmi ditutup. Perhelatan lomba kesenian nasional yang diinisiasi oleh Lembaga Seni Budaya dan Olahraga (LSBO) PPM bekerja sama dengan Majelis Diktilitbang Muhammadiyah tersebut diikuti oleh 58 PTMA se-Indonesia dengan total 504 peserta secara daring.

Dalam kesempatan penutupan PSM PTMA, Menteri Koordinator (Menko) Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK) Republik Indonesia, Prof. Muhajir Effendy, M.A.P turut hadir dan memberikan sambutannya. Prof Muhajir mengapresiasi kegiatan PSM PTMA tersebut lantaran menurutnya seni merupakan salah satu jalan dakwah yang mampu memberikan ruang lebih besar kepada masyarakat dibandingkan organisasi. Menurutnya, melalui bidang seni masyarakat akan tertarik melihat keragaman.

“Orang-orang di lingkungan Muhammadiyah yang belum ikut Muhammadiyah tapi tertarik dengan seni yang ada di Muhammadiyah, sudah termasuk kader Muhammadiyah. Tidak perlu KTA (Kartu Tanda Anggota) untuk ikut Muhammadiyah. Nah, di situlah salah satu jalan dakwah Muhammadiyah,” ungkapnya.

Selain itu, Prof. Muhajir mengatakan bahwa Muhammadiyah sendiri merupakan sebuah karya seni luar biasa yang diciptakan oleh K.H Ahmad Dahlan sehingga Muhammadiyah disebut sebagai sebuah gerakan, bukan organisasi. “Muhammadiyah itu karya seni yang diciptakan Ahmad Dahlan yang terinspirasi dari ulama-ulama sebelumnya. Melalui pemikiran Ahmad Dahlan, inspirasi-inspirasi tersebut diolah dan menghasilkan sebuah seni yaitu Muhammadiyah,” tuturnya.

Oleh karena itu, pada periode ke depan Prof. Muhajir akan mengusulkan agar LSBO bisa menjadi Majelis Kebudayaan Muhammadiyah supaya kader Muhammadiyah bisa berkreasi melalui seni sebagai jalan dakwah. Ia juga berharap agar sekolah-sekolah dan masjid-masjid Muhammadiyah bisa berjalan dengan sentuhan kesenian yang mewarnai.

Rektor UNIMMA bersama Menteri Koordinator (Menko) Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK) Republik Indonesia, Prof. Muhajir Effendy, M.A.P

Sementara itu, Rektor UNIMMA, Dr. Lilik Andriyani, S.E., MSI dalam sambutannya merasa bangga telah ditunjuk dan dipercaya sebagai tuan rumah perhelatan PSM PTMA V. Rektor juga memberikan ucapan selamat pada seluruh pemenang lomba. “Selamat kepada peserta lomba, baik yang mendapat penghargaan alias menang maupun kepada yang belum menang. Kita tetap memiliki tujuan bersama yaitu meningkatkan tali silaturahim,” pungkasnya.

Rektor juga berharap semoga PSM PTMA yang diselenggarakan oleh LSBO PP Muhammadiyah dengan seluruh PTMA di Indonesia dapat menjadi gerakan yang berkemajuan melalui dakwah yang damai, menggembirakan, dan mencerahkan lewat seni dan budaya. Dengan berakhirnya PSM PTMA V di UNIMMA, selanjutnya akan digelar tahun depan dengan tuan rumah Universitas Muhammadiyah Tangerang. (*)

- Advertisement -

Menara62 TV

- Advertisement -

Terbaru!