25.2 C
Jakarta

Selenggarakan Diklat Pemberdayaan Masyarakat, Kemenhub Kometmen Tingkatkan SDM Indonesia

Baca Juga:

PALEMBANG, MENARA62.COM — Kementerian Perhubungan terus berkomitmen untuk terus meningkatkan sumber daya manusia (SDM) Indonesia, khususnya di bidang transportasi. Salah satu upaya peningkatan SDM itu adalah melalui Diklat Pemberdayaan Masyarakat (DPM). Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan DPM ini akan meningkatkan skill peserta diklat, sehingga siap bersaing di dunia kerja. Hal tersebut disampaikan Menhub usai menutup secara resmi Diklat Pemberdayaan Masyarakat dan Diklat Pengawakan Kapal Sungai dan Danau, di GOR Dempo Kompleks Jakabaring Sport City, Palembang, Sabtu (8/12/2018).
 
“Target DPM ini adalah kita punya misi, semua orang itu punya keahlian. Contohnya diklat di ASDP. Saat ini kita sedang membangun pelabuhan ASDP termasuk juga di Papua. Tadi peserta diklat ada sekitar 20 orang yang dari Papua. Jadi mereka pulang langsung kerja. Karena mereka sudah punya skill yang dapat menyelesaikan permasalahan di daerahnya masing-masing,” tutur Menhub.
 
Sebagai informasi, Menhub menargetkan BPSDM Perhubungan melaksanakan DPM untuk 100.000 orang secara gratis, khususnya bagi masyarakat di daerah berkesenjangan.
 
Untuk tahun ini, diklat pemberdayaan masyarakat ini diutamakan akan diberikan kepada masyarakat golongan tidak mampu, daerah-daerah yang memiliki kesenjangan tinggi, dan pulau-pulau terpencil. 
 
Pada penutupan DPM di Palembang, peserta diklat terdiri dari Diklat Pengatur Lalu Lintas sebanyak 250 orang. (Poltek Trans SDP PLG), Diklat Kecakapan Awak Kapal sebanyak 125 orang (Poltek Trans SDP PLG) dan Diklat Pramugari dan Avsec sebanyak 80 orang (BP3 Penerbangan PLG). 
 
Selain skill, Menhub menyampaikan bahwa yang harus ditingkatkan adalah rasa nasionalisme. Dengan adanya rasa nasionalisme akan muncul rasa cinta dan bangga terhadapa NKRI, sehingga timbul semangat untuk terus membangun negeri ini.
 
“Mereka berbakat, punya potensi, pandai tapi jiwanya mesti kita isi dengan NKRI. Kita harus membangun Indonesia. Kita sudah membangun infrastruktur. Itu adalah suatu kebanggaan-kebanggaan yang mempersatukan NKRI. Dengan adanya kebanggaan itu maka semangat mereka akan meledak di semua lini, oleh karenanya kita harus mengisi mereka tidak saja dengan keilmuan, tapi juga dengan semangat nasionalisme,” tegas Menhub.
 
Selain Menhub turut hadir dalam acara ini Gubernur Sumatera Selatan Herman Deru, Kepala BPSDM Perhubungan Umiyatun Hayati Triastuti dan Dirjen Perhubungan Darat Budi Setiyadi. (HH)
- Advertisement -

Menara62 TV

- Advertisement -

Terbaru!