26.2 C
Jakarta

Siswa SD Muhammadiyah 24 Gajahan Outingclass di Simpon

Baca Juga:

SURAKARTA, MENARA62.COM–Sebanyak 47 siswa SD Muhammadiyah 24 Gajahan Surakarta, yang terdiri dari 27 siswa dan 18 siswi, dengan diantar orangtuanya melakukan kegiatan outing class di SMP Muhammadiyah 1 Simpon Surakarta, Sabtu, (11/3/2017).

Siswa dalam kegiatannya ini didampingi oleh 2 orang gurunya yaitu guru kelas VI Gatot Suherman dan guru PJOK Sugiharko. Mereka diterima A Sukidi, kepala SMP Muhammadiyah 1 Simpon, dan Hermawan, wakil kepala SMP Muhammaidyah 1 Simpon.

Dalam kegiatan outingclass ini, anak-anak dibagi menjadi dua kelompok yaitu putri dan putra. Untuk kelompok putri pertama kali masuk ke ruang laboratorium IPA sedang yang putra masuk ke ruang kesenian dalam hal ini karawitan.

Untuk yang diruang laboratorium IPA diampu oleh bapak Edi, guru Biologi SMP Muhammadiyah 1. Di ruang ini anak-anak diajak belajar/ dikenalkan cara memakai mikroskop. Mereka dijelaskan segala sesuatu tentang mikroskop.

Sedangkan di ruang kesenian diampu oleh pak Anton, guru karawitan SMP Muhammadiyah 1. Di ruang ini anak-anak dijelaskan nama-nama gamelan seperti kenong, kempul, kethuk dan gong. Setelah pengenalan nama-nama gamelan dilanjutkan latihan memukul alat tadi.

Satu sesi selama kurang lebih 45 menit. Setelah sesi pertama selesai, anak-anak gantian, yang putri masuk ke ruang karawitan, sedang yang putra masuk lab. Setelah sesi karawitan dan lab, dilanjutkan ke ruang komputer/ TIK yang berada di lantai 2.

Di ruang Komputer diampu oleh bapak Seto dan bapak Dani. Dijelaskan oleh mereka bahwa di Simpon, selain untuk menghadapi ujian juga dipakai untuk tes harian. Di ruang ini anak-anak diajak latihan mengerjakan ujian berbasis komputer. Mereka diberi penjelasan langkah-langkah dalam menjalankan komputer. Pada awalnya mereka tampak bingung saat mau log-in. Setelah berhasil, anak-anak mulai mengerjakan soal latihan ujian berbasis komputer. Materi yang diujikan adalah Matematika, IPA dan Bahasa Indonesia.

Kegiatan outingclass diakhiri dengan sesi hipnoterapi. Setelah istirahat anak-anak dikumpulkan di Mushola. Di Sesi ini diampu oleh ibu Ernawati guru BK/BP SMP Muhammadiyah 1. Tujuan hipnoterapi ini untuk menumbuhkan kesadaran dari dalam siswa agar lebih termotivasi dalam meningkatkan prestasi dan kepatuhan terhadap orang tua.
Setelah sesi hipnoterapi dan sebelum pulang diberikan penghargaan bagi anak-anak yang nilainya bagus saat latihan ujian berbasis komputer yaitu Khalila Hanun Mahira dengan nilai rata-rata 96,7. Kemudian Hafizanursabrina 90,0 dan Richwadeloveta 86,7.

Menara62 TV

- Advertisement -

Terbaru!