31.9 C
Jakarta

SMA Muhammadiyah 2 Singaraja Ikuti Diskusi Kelompok Terpumpun yang Diadakan di SMAN BALI MANDARA.

Baca Juga:

SINGARAJA, MENARA62.COM. Komunitas Kami Belajar Regional Bali-Nusra, IGI Kabupaten Buleleng dan Komunitas Guru Penggerak Kabupaten Buleleng (Sinergi Komunitas Pendidikan di Kabupaten Buleleng) berkolaborasi dalam pelaksanaan Diskusi Kelompok Terpumpun (DKT) yang dilaksanakan di SMA Negeri Bali Mandara, pada Jumat, 8 Desember 2023. Beruntung 3 orang guru SMA Muhammadiyah 2 Singaraja yang dikomandoi oleh Bunga Mustika, M.Pd selaku Koordinator Komunitas Belajar dapat mengikuti kegiatan yang sangat istimewa ini.

Kegiatan ini mengusung tema “Bergerak Bersama, Rayakan Merdeka Belajar”. Acara dibuka dengan penampilan tari penyambutan Sambrama Mandara Bajra oleh siswi-siswi SMA Negeri Bali Mandara, dilanjutkan dengan peresmian acara oleh Kepala Dinas Kabupaten Buleleng serta penyerahan plakat dan kenang-kenangan kepada ketiga narasumber.

” Saya harap kegiatan hebat seperti ini bisa diadakan setiap setahun sekali dan dapat dilaksanakan secara intens kedepannya.” Ungkap Kepala Dinas Kabupaten Buleleng.

Diskusi Kelompok Terpumpun (DKT) diikuti oleh 224 Guru dan Kepala Sekolah yang tidak hanya dari sekolah di kabupaten Buleleng namun juga dari luar kabupaten Buleleng. Penyampaian materi disampaikan oleh tiga narasumber. Tujuan dilaksanakannya kegiatan untuk menyosialisasikan dan berdiskusi hal-hal terkait Komunitas Belajar.

Narasumber pertama merupakan salah seorang guru penggerak dari SDN 4 Bebetin, I Komang Muliantara, S.Pd, M.Pd terkait urgensi Komunitas Belajar di sekolah. Dilanjutkan dengan penyampaian materi Supervisi Akademik Berbasis Coaching oleh Anastasia Ang, S.Pd, CLC, CPC yang merupakan Founder Jari Kecil Child Care dan Inisiator KOmunitas Wellbeing Jiwanta Nismara.

Terakhir penyampaian materi dari Ketua Harian Komisi Nasional Indonesia untuk UNESCO, Dr. Itje Chodidjah, M.A, terkait Miskonsepsi dalam Pembelajaran Berdiferensiasi.

” Pendidikan itu bukan suatu kegiatan yang kemudian untuk dipamerkan, namun Pendidikan adalah asupan wajib yang musti didapatkan dalam kehidupan manusia.” Demikian inti menarik yang disampaikan oleh Dr. Itje Chodidjah, M.A

Kemudian kegiatan dilanjutkan dan diakhiri dengan sesi foto bersama dan ditutup dengan membuat jargon kegiatan diskusi.

Penulis : Nazila Al Khatib.

- Advertisement -

Menara62 TV

- Advertisement -

Terbaru!