27.5 C
Jakarta

Trisula Sakti Pandemi

Perancis Sudah Boleh Buka Masker

Baca Juga:

Hari ini, senang sekali, kebebasan untuk tidak bermasker di luar mulai diberlakukan di Perancis. Kasus Covid-19 di Eropa menurun drastis. Vaksin (sains), kebijakan dan managemen (politik) dan kesadaran (conscience) tampaknya trisula ampuh lawan Pandemi.

Di Eropa – negara Barat, Covid-19 ini juga jadi ujian bagi nalar dan sains. Teori konspirasi, pseudo sains, dan hoax juga bermunculan. Tapi, politik UE dan nasional yang terukur dan based on science bisa bungkam nalar-nalar irasional tersebut.

Melalui politik, nalar anti sains akhirnya tunduk pada regulasi vaksinasi. Jika anda mau travelling, anda musti punya paspor vaksin. jika tidak, berdiam diri di rumah saja. Politik vaksinasi tidak represif, tapi dialektik, ada pilihan, dan reflektik.

Politik antiCovid-19 yang terukur (scientific), konsisten, dan demokratis akan memobilisasi kesadaran rakyat –dengan sendirinya, untuk menyukseskan perang global pandemik ini.

Untuk sampai tahap sekarang: 1,5 tahun kita semua dituntut disiplin untuk yakin pada sains, taat pada protokol/aturan kesehatan, dan menempa kesadaran kolektif: Covid-19 itu nyata dan bahaya !

Jaga kesehatan selalu.
Selamat berakhir pekan. (Paris, France)

Andar Nubowo

- Advertisement -

Menara62 TV

- Advertisement -

Terbaru!