23.9 C
Jakarta

UAD Kickoff Penerimaan Mahasiswa Baru 2023

Baca Juga:

YOGYAKARTA, MENARA62.COM — Universitas Ahmad Dahlan (UAD) Yogyakarta melakukan Kickoff Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) 2023 di Kampus I Jalan Kapas Yogyakarta, Senin (2/1/2023). Kickoff ditandai dengan penekanan tombol sirine oleh Rektor UAD, Dr Muchlas MT; Ketua Panitia PMB 2023, Dr Apt Wahyu Widyaningsih MSi; dan Ketua Badan Pembina Harian (BPH) UAD, Prof Dr Marsudi Trihatmojo SH, LLM.

Dijelaskan Wahyu Widyaningsih, sebelum dilakukan Kickoff PMB 2023, telah dilakukan soft opening PMB 22 Oktober 2022. Penerimaan mahasiswa baru ini dilaksanakan melalui jalur bebas tes. Seleksi calon mahasiswa baru ini berdasarkan prestasi akademik atau non akademik di bidang seni, sains, olahraga, dan keagamaan.

“Seleksi ini terdiri dari dua jalur yaitu Penelusuran Minat dan Kemampuan (PMDK) dan Penelusuran Siswa Berprestasi (PSB),” kata Wahyu Widyaningsih.

Selain itu, tambah Wahyu Widyaningsih, ada seleksi Computer Base Test (CBT). Seleksi penerimaan mahasiswa dengan tes atau ujian menggunakan komputer. Seleksi Kedokteran, terdiri dari tiga tahap yaitu seleksi dengan nilai rapor, psikotest (IQ), dan wawancara.

Kemudian ada seleksi beasiswa. Seleksi ini berdasarkanpada prestasi bidang akademik atau Hafidz Quran atau bidang seni, sains dan olahraga. “Pendaftar hanya dapat memilih program studi atau jurusan tertentu sesuai dengan yang ditawarkan,” katanya.

Sementara Muchlas menjelaskan UAD memiliki tradisi untuk Kickoff PMB yang setiap tahu dilaksanakan. “Kickoff itu sebetulnya berasal dari sepakbola, yaitu bola yang ditendang pertama oleh tim yang memenangkan undian. Kata Kickoff sengaja dipilih untuk penerimaan mahasiswa baru di UAD, untuk menarik perhatian masyarakat,” kata Muchlas.

Sasarannya, kata Muchlas, stakeholder UAD yaitu mulai dari BPH, Rektorat, Dekanat, tenaga kependidikan, dosen, mahasiswa, organisasi mahasiswa (Ormawa), keluarga besar UAD, dan para tetangganya. Hal ini dimaksudkan untuk memberitahukan UAD sedang menerima mahasiswa baru.

“Saya mengapresiasi dan menyambut gembira upaya panitia PMB yang sudah menyiapkan segala macam perangkatnya. Termasuk nama pendukung kesuksesan PMB, tahun kemarin menggunakan sebutan Laskar UAD. Tahun 2023 menggunakan sebutan Sahabat PMB. Ini volunteer dari mahasiswa kita,” jelas Muchlas.

Sahabat PMB UAD ini memiliki tugas untuk mendidik (to educate), menginformasikan (to inform) dan mendapatkan (to get). “Dalam berpromosi memberikan pendidikan tentang program-program studi yang dimiliki UAD. Tidak hanya sekedar mengajak untuk masuk UAD. Juga mencocokan keinginan calon mahasiswa dengan program studi di UAD. Sehingga bisa mendapatkan mahasiswa sebanyak-banyaknya,” jelasnya.

 

 

- Advertisement -

Menara62 TV

- Advertisement -

Terbaru!