27.3 C
Jakarta

UNIMMA Mewisuda Mahasiswa Disabilitas

Baca Juga:

 

MAGELANG, MENARA62.COm – Universitas Muhammadiyah Magelang (UNIMMA) sebagai kampus inklusi telah meluluskan mahasiswa disabilitas pada tahun 2022 ini. Dwi Kusuma Wirawan, mahasiswa disabilitas tuli dari program studi (prodi) D3 Teknik Informatika, Fakultas Teknik (FT) mampu membuktikan untuk menyeleseikan kuliahnya meraih gelar A.Md.Kom.

Di tengah kesibukannya menjadi mahasiswa, Dwi, sapaan akrabnya, aktif mengikuti Unit Kegiatan Mahasiwa (UKM) Forda (Forum Ramah Difabel) UNIMMA. Ia berkesempatan menjabat sebagai ketua selama tiga periode dan tetap bisa melakukan banyak kegiatan. “Saya ikut UKM Forda karena salah satu syaratnya, ketua wajib difabel. Kegiatannya ada kelas bahasa isyarat, braile, memperingati hari disabilitas internasional, mendampingi difabel saat acara di luar kampus, seminar nasional, dan lain-lain,” ungkapnya.

Mahasiswa asal Temanggung ini melakukan komunikasi sehari-hari dengan dosen dan rekan kuliahnya menggunakan bahasa isyarat dan tulisan. Menurutnya, meskipun ada hambatan tidak bisa mendengar, hal tersebut tidak mematahkan semangatnya untuk terus mencoba dan belajar. “Sesekali ada hambatan, sebab kadang-kadang JBI (Juru Bahasa Isyarat) relawan notulensi itu cuma 1 orang dan sibuk tabrak mata kuliah. Jadi, saya masuk kuliah seperti biasa. Kalau ada kesulitan, tanya dosen atau teman satu kelas. Misal praktek pakai HP aplikasi transpriksi instan dengan dibantu suara online,” jelasnya.

Dwi juga menyampaikan terima kasihnya kepada UNIMMA yang telah menjadi tempatnya bertumbuh. “UNIMMA tempat aku bertemu proses lebih dewasa dan berkembang untuk masa depan. UNIMMA jadi tempat aku lebih bisa mengembangkan diri,” pungkasnya.

Sementara itu, Rektor UNIMMA, Dr. Lilik Andriyani, SE., MSi mengatakan bahwa tidak ada halangan untuk dapat meraih apapun yang dicita-citakan meski dengan keterbatasan. “Bahwa semangat dan tekad yang kuat sudah pasti dapat menembus segala keterbatasan. Untuk itu, saya dan seluruh keluarga besar UNIMMA memberikan apresiasi yang luar biasa kepada Dwi Kusuma Wirawan, mahasiswa berkebutuhan khusus, salah satu mahasiswa tuli yang telah berhasil menyeleseikan studinya di Fakultas Teknik UNIMMA,” ujar Rektor. (*)

Menara62 TV

- Advertisement -

Terbaru!